in

Download Buku Terbaru di VK

Buku dari Amazon, New York Times Bestsellers, Good Reads, ada di VK. Baca panduan berburu buku di VK ini.

Ini yang akan terjadi kalau kamu baca artikel ini sambil praktek pakai ponsel: kamu bisa akses dan koleksi buku-buku terbaru yang ada di VK. Gratis. Kamu akan punya perpustakaan yang bisa kamu akses dari mana saja. Impianmu memiliki buku-buku baru bisa terwujud. Koleksimu akan selalu update. Semua itu bisa kamu lakukan hanya dari ponsel dan koneksi internet.

Versi ringkas artikel ini: Masuk ke VK (VKontakte), akses communities (group) berisi buku, majalah, dll. Download dan simpan ke Cloud.

Apa itu VK?

VK itu media sosial orang Russia dan sekitarnya. Tampilan mereka mirip Facebook, namun ada yang membuat VK berbeda dari Facebook.

VK Bukan Facebook

Dalam beberapa sisi, VK lebih menarik, terutama bagi para pecinta buku.

VK Berbeda dari Facebook, dalam beberapa hal berikut:

Profile orang-orang di VK jarang punya banyak teman. Sangat sering saya lihat sejak 2017 sampai sekarang, orang hanya punya 5-10 teman. Mereka lebih sering masuk Communities (group).

Integrasi dengan Telegraph. Orang boleh menulis sebanyak yang mereka mau, seperti posting di blog atau web, dengan tampilan yang lebih intuitif dan tanpa batas. Facebook pernah punya fitur “Note” (Catatan) namun tidak semudah dan sebebas kalau kamu menulis di VK. Perbedaan ini, misalnya: di VK kamu bisa bercerita dan menulis dengan sisipan video atau 9 foto (berapapun).

Sekarang sudah bukan zaman menulis ribet seperti di blog.

Baca: Telegraph X Pro – Menulis Tanpa Batas, Nggak Zaman Blogger Lagi

VK boleh posting content xxx. Kamu bisa menonton p*rn*grafi atau memposting content yang artistik, sekalipun dilarang di tempat lain. Bayangkan kamu di Eropa Timur dan benua Russia, dengan budaya dan seni mereka. Bukan berarti kamu harus posting yang seperti itu.

Safe dan Clean. VK tidak banyak iklan dan data kamu lebih aman.

Upload File Unlimited. Kamu boleh upload file di VK, sebagaimana kalau kamu pakai Telegram. Yang penting, per file 1GB. Mau berapa file, terserah. Ini sebabnya, di VK banyak sekali kita temukan sumber daya untuk belajar dan bebas kita download. Tanpa menunggu, tanpa ada captcha, atau verifikasi lain. Asalkan kamu sudah login, tinggal klik file yang ingin kamu donwload, bebas merdeka.

Musik di VK. Musik, bagi para pemakai VK, merupakan sesuatu yang eksklusif. Tidak perlu kamu download. Pilih saja musik yang ingin kamu dengar, beri penanda halaman (bookmark) agar mudah kamu buka lagi, atau putar sambil browsing. Musik di VK bukan musik major label. Mereka sangat menghargai karya musik.

Struktur komunitas di VK sangat jelas. Mereka berkumpul di Communities (group) sebagai tempat mengulas ketertarikan dan mendalami apa yang mereka suka.

Tidak ada permintaan komentar. Tidak ada selfie berlebihan. Tidak ada meme yang sudah sering kita temukan di media sosial lain. Tidak ada komentar dengan sisipan iklan. Tidak ada komentar panjang. Mereka lebih sering memberikan Heart (suka) atau mengatakan “thank you”. Ini media sosial yang sunyi (mereka tidak banyak bicara) dan penuh content yang bermanfaat.

VK adalah surga bagi mereka yang suka baca buku, majalah, download, dll. Kalau kamu ingin punya perpustakaan digital berisi buku-buku terbaik dari Amazon, New York Times Bestsellers, Good Reads, dll. inilah tempatnya.

VK Menjadi Surga Buku

Kamu bisa koleksi buku-buku baru, bagus, mahal, dan.. bukan hanya buku.

Saya akan tunjukkan caranya. Semua orang bisa. Cukup pakai ponsel dan koneksi internet.

Sign-up dan login ke VK (Virtual Kontakte).

Spoiler: Saya fokus di buku-buku berbahasa Inggris. Kalau kamu bertanya adakah buku-buku berbahasa Indonesia? Bagaimana cara menerjemahkan buku-buku itu ke dalam bahasa Indonesia? Saya tidak akan jawab itu. Saya hanya akan tunjukkan Communities (group) di VK yang isinya buku-buku berbahasa Inggris. Baru, gratis, lengkap, dan siap kamu koleksi.

Download dan Install Aplikasi VK

VK bisa kamu buka dari PlayStore

VK: music, video, messenger
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.vkontakte.android

Kalau kamu pakai iPhone, juga bisa akses dari App Store.

Jika tidak mau keduanya, VK bisa kamu akses dari browser (misalnya: UC Browser atau Google Chrome) di ponsel.

Website VK
https://vk.com

Pilih saja mana yang menurutmu mudah.

Buat akun di VK Kemudian Aktifkan.

Bisa pakai nomor hape, email, atau akun Facebook kamu. Proses daftar dan mengaktifkan akun, nggak ada 30 detik. Detail pendaftaran tidak perlu saya tuliskan di sini.

Tidak perlu ada permintaan ini dan itu, tidak harus follow siapa-siapa.

Langsung saja kita akses Communities (group) di VK yang berisi buku-buku gratis.


Komunitas di VK untuk Download Buku

BOOKS and MAGAZINES English/Книги на английском

Only the best books, movies and audiobooks in English!!!

https://vk.com/bookstagram_eng

Mereka bikin postingan rapi sekali. Ada sinopsis, judul buku, cover, dan file siap-download.


Apa yang bisa kamu dapatkan di sini?

  • Buku-buku syntopical (dalam 1 topik khusus). Misalnya? Ada postingan khusus buku-buku Shakespeare, George Orwell, Ernest Hemingway, atau buku-buku seputar topik bisnis, fotografi, dll.
  • Buku-buku bestsellers dari New York Times Bestsellers setiap minggu, bulan, dan tahun. Ada genre fiksi dan non-fiksi.
  • Buku-buku yang terbit di bulan ini. Lihat saja di sinopsis, biasanya ada angka tahun.

Bookstagram menjadi komunitas kesukaan saya.


Books & Magazines

Daily updates on the best books in various fields–HAPPY READING!!!

https://vk.com/public169240848

Lupakan website yang bicara tentang koleksi majalah lengkap. Yang di sini, jauh lebih update dan lengkap. Majalah Times, the Economist, Harvard Business Review, New Scientist, Scientific American, Reader’s Digest, Bloomberg Businessweek, Shares, National Geographic, dll. Setiap ada yang baru, mereka posting di sini.
Dan buku-buku baru, sudah pasti mereka posting. Koleksi mereka di sini juga banyak.


Magazines, books, newspapers in English, IELTS

Be the first one to get it all

https://vk.com/magazines_ebooks

Yang di sini, selain buku, dan majalah, ada juga koran-koran terbaru dunia, dan materi TOEFL dan IELTS. Tidak perlu saya jelaskan, silakan buka-buka sendiri.


What’s News

https://vk.com/wsnws

Apa yang baru, mereka posting di sini. Majalah Financial Times, the Wall Street Journal (WSJ), the Economist, the Guardian, Der Spiegel, Last Week Tonight, dll. Semua terjadi dalam kualitas file .pdf yang mantap. Terbitan Jerman, Perancis, Spanyol, Italia, ada di sini.

Mereka posting dengan hashtag yang rapi. Sekali kamu klik #TheWallStreetJournal@wsnws, misalnya, maka semua content WSJ yang di What’s News akan ditampilkan.

Tentu saja, banyak juga buku-buku baru diposting di sini.


Learn English IELTS + TOEFL & GRE

A little bit a lot is better than a lot a little bit

https://vk.com/learn_english_learn

Ini tempat belajar bahasa Inggris dan sumber daya yang kamu butuhkan jika kamu ingin sekolah ke luar negeri atau menjadi profesional di bidang bahasa Inggris. Materi yang ada di sini, sangat mahal, namun disajikan gratis.


Trik memakai VK

Tidak ada rahasia khusus.

Kalau ada postingan bagus, jangan lupa klik Heart (hati) agar bisa kamu jadikan bookmark.

Jika mau save cover buku, jangan lupa beri nama persis seperti judul bukunya, karena gambar di VK diberi nama random, secara default. Ini agar kamu tidak kelamaan mencocokkan cover dan nama file bukunya.

Jika menurutmu tidak bagus, tidak usah save, tidak usah download. Scroll saja terus ke bawah, cari yang lain.

Jika kamu tidak harus berkomentar, tidak usah tulis komentar.

Jika ada file buku yang belum di-upload (kurang) dan sudah kamu lihat di komentar tidak ada, tuliskan saja komplain, atau tunggu sampai file bukunya lengkap. Kasus ini sangat jarang terjadi. Kalau di postingan ada 1 atau 2 file yang belum mereka upload, biasanya ada di komentar.

Tidak usah kamu komersialkan menjadi versi bajakan, versi cetak, apalagi kamu jual di online shop. Lebih baik kamu jadikan sebagai bahan diskusi, referensi, atau koleksi kamu.

Kalau mau seru-seruan untuk melihat wishlist (permintaan buku), kamu bisa buka di Discussion. Biasanya di sana isinya request (permintaan) dan file yang siap download.

Kalau download dan koleksi buku kamu anggap sebagai hobi serius dan bernilai di masa depan, lakukan browsing dan download buku di VK setidaknya seminggu sekali.

Format ebook terpopuler yang di VK ada 2: .pdf dan .epub

Tidak perlu aplikasi tambahan kalau kamu akses dari laptop atau PC. Format .pdf bisa kita buka dengan Google Chrome, sedangkan format .epub bisa kamu buka dengan Microsoft Edge. Kalau mau fitur lebih, silakan download aplikasi khusus ebook.

Saya andalkan Moon+ Reader yang bisa buka semua format ebook. Selain itu, Moon+ Reader bisa membaca sambil membuat highlight, menjadikan ringkasan, dan memberikan catatan. Saya pikir, kawan-kawan sudah pintar kalau soal baca buku .pdf dan .epub.

Save di Mana?

Jangan andalkan penyimpanan di SSD atau HDD kamu, apalagi menumpuk file buku di ponsel. Save offline, bisa terhapus atau kena virus. Ponsel bisa rusak atau hilang. Pastikan yang di ponsel hanya buku yang sedang kamu baca sekarang. Simpan di Cloud.

Saya sarankan, simpan di Degoo atau TeraBox.

Degoo https://degoo.com

TeraBox https://terabox.com

Degoo memberikan space 100GB, gratis. Kalau masih kurang, pakai TeraBox yang beri space gratis sampai 1TB (1024GB). Kalau masih kurang lagi dan ingin unlimited gratis, simpan saja di Telegram. Kamu bisa jadikan Telegram untuk media simpan tanpa-batas.


Saya memakai VK sejak 2017. Koleksi buku di VK hanya salah satu sumber dari koleksi buku saya. Jangan tanya berapa buku dan referensi yang sudah saya koleksi.

Saya menuliskan ringkasan buku di Jateng Today agar kawan-kawan tertarik membaca buku.

Sebelum kamu tidak percaya pada apa yang akan terjadi, coba baca lagi uraian di atas. Hasil yang akan kamu dapatkan, jika kamu jalankan cara di atas adalah.. Kamu punya koleksi buku-buku baru, bagus, dan tersimpan di Cloud. Kamu memiliki ratusan sampai ribuan buku yang bisa kamu akses kapan saja.

Sekali lagi, ini bukan soal gratis. Ini tentang nilai buku dan betapa itu akan memperbaiki hidup dan pekerjaan kamu. [dm]

2 Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.