in

12 Kelompok Masyarakat Ini Ingin Dilibatkan Jadi Petugas Pemantau Pemilu 2019

SEMARANG (jatengtoday.com) – Sebanyak 12 kelompok masyarakat mengajukan diri untuk dilibatkan menjadi petugas pemantau Pemilu 2019. Mereka telah mendaftarkan di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng. Dari 12 kelompok masyarakat, 6 diantaranya sudah sudah lolos verifikasi dan bisa menjalankan tugasnya.

“Keenam kelompok masyarakat tersebut sudah terakreditasi dari Bawaslu RI dan pemantau bawa id card dari Bawaslu RI,” jelas Koordinator Divisi Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jateng, Roffiudin, Rabu (27/3/2019).

Enam kelompok yang lolos itu adalah Forum Mahasiswa Batang, Pemuda Katholik Komisariat Surakarta, Pattiro Semarang, Pengurus Aisiyah Magelang, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jawa Tengah, dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Jateng.

Ditambahkan, enam kelompok lainnya masih dalam tahap verifikasi dan pemenuhan syarat. Rofi menjelaskan ada beberapa syarat yang memang harus dipenuhi. Diantaranya harus lembaga, punya legalitas, mempunyai badan hukum, dan sumber dana jelas. “Kami apresiasi bagi yang sudah berpartisipasi,” jelasnya.

Dikatakan, masyarakat umum juga punya kesempatan sama untuk ikut berpartisipasi dengan melaporkan ke Bawaslu jika menemukan pelanggaran.

“Urusan pemantauan pemilu tidak hanya tangungjawab Bawaslu karena ini bersama-sama,” katanya.

Dari kacamatanya, pesta demokrasi tahun ini diminati banyak masyarakat yang ingin menjadi petugas pemantau pemilu. “Kalau tidak salah tahun 2014 itu tidak ada yang daftar ya. Kalau 2019 ini per 25 Maret sudah ada 12 yang daftarkan diri,” tegasnya. (*)

editor : ricky fitriyanto

Ajie MH.