in

Bawaslu Rekomendasikan 35 Kepala Daerah di Jateng Disanksi

SEMARANG (jatengtoday.com) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng memberikan rekomendasi kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar memberikan sanksi kepada 35 kepala daerah di Jateng.

Sebab dari analisanya, 35 kepada daerah tersebut dianggap melanggar Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Mereka dianggap terang-terangan mendukung capres-cawapres nomor urut 01 dengan mengatasnamakan kepala daerah.

Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Jateng, Sri Wahyu Ananingsih mengaku, pihaknya memang tidak menemukan pelanggaran administrasi sebagai kepala daerah. “Tapi yang jadi masalah, mereka melakukan deklarasi dukungan dengan mengatasnamakan kepala daerah. Ini menjadi pelanggaran etika sebagai pejabat negara,” ucapnya, Senin (25/2/2019).

Kesimpulan itu diambil dari potongan video saat 35 kepala daerah tersebut menggelar deklarasi di Solo, beberapa waktu lalu. “Di video rekaman mengatakan ada kepala daerah, bersama saya, wali kota, wakil wali kota. Itu tidak sepatutnya ya. Secara etika pemerintahan muncul, meskipun kita menghargai sikap politik, tapi tidak dimunculkan ke publik, karena sumpah jabatan itu melekat,” terangnya. (*)

editor : ricky fitriyanto