in

Riset: Ini Rahasia Hubungan Jangka Panjang

Hasil riset ilmiah, tentang bagaimana caranya agar orang penasaran dan mengejarmu, dalam suatu hubungan cinta maupun bisnis..

esther perel bicara di ted talk
DOPAMINE. Esther Perel punya rahasia hasil riset ilmiah, apa yang sebenarnya membentuk hubungan jangka panjang. (Credit: TED)

Jika ada kata-kerja yang datang dengan keinginan, kata itu adalah “keinginan”. Esther Perel mengatakan itu di TED Talk.

Kesimpulan yang hilang tidak membuat kita tertarik. “Keinginan” membuat kita tidak ingin kembali ke tempat yang sudah pernah kita kunjungi. Mengulangi berarti mendekati keakraban. Tidak menaikkan dopamine.

Sebaliknya, kelangkaan, memacu dopamine.

Imajinasi menarik karena menawarkan kebaruan. Itu yang terjadi pada petualangan, kecanduan, seks, dll. Orang mengalami euforia, kesenangan intens, gairah, dan motivasi.

Kenyataan, dopamine diproses dalam metabolisme tubuh begitu cepat, sehingga kesenangan ini berumur singkat. Proses ini berputar. Loop. Pengulangan berputar.

Ini sebabnya, ketika di awal sedang jatuh cinta, orang merasa selalu tidak-cukup, ingin selalu bertemu, dan tidak mau berakhir.

Baru saja bertemu, sudah video call lagi. Baru saja malam, ingin segera datang pagi, ketemu, makan siang bersama. Stalking Beranda dan melihat dia online di WhatsApp atau tidak.

Kapan terjadi kenaikan dopamine tertinggi?

Ketika terjadi kombinasi 2 hal berikut:

  1. “Memikirkan atau mengantisipasi pengalaman yang menyenangkan”, terkait dengan sesuatu atau orang yang kamu sukai, dan
  2. Ketika ada ketidakpastian tentang pengalaman itu. Jadi, pemicunya adalah: ketidakpastian dan kelangkaan.

Bentuknya, semacam ini: Orang sudah membayangkan, bagaimana nanti kalau bertemu, dari rasa penasaran sampai berbunga-bunga. Terutama ketika meragukan perasaannya sendiri, “Apa yang akan kulakukan nanti? Benarkah dia suka kepadaku? Ada apa dengan semua ini?”.

Orang bertaruh dalam perjudian, sampai uang mereka habis, karena prinsip tersebut. Penjudi sering membayangkan, “Kalau menang, apa yang akan saya lakukan?:.

Bukan itu yang terpenting. Imajinasi bisa menggantung. Yang terpenting justru bagaimana cara menggunakan kelangkaan untuk memacu keinginan ini?

Pikirkan tentang kehilangan sumber daya yang langka. Itu bisa membuat orang putus-asa, ketakutan.

Jadi, ketika kamu membuat kesan menarik dalam suatu pertemuan (kencan) dengan seseorang, kemudian berjanji akan bertemu dengannya lagi, tanpa meninggalkan kepastian (nomor telepon, kapan, dst.), ini akan membuat dopamine orang yang kamu tinggalkan, akan meningkat. Buat dia lebih penasaran, bergantung kepadamu, dan “tidak pasti”. Berikan kepastian dan kenyamanan sebagian saja, selebihnya, biarkan dia mengejarmu tanpa dia tahu bahwa dia sedang memacu dopamine miliknya sendiri. [dm]

Day Milovich

Webmaster, artworker, penulis, konsultan media, tinggal di Rembang dan Semarang.