in

Kans Sapu Bersih Semua Emas Cabor Beregu Pra Popnas

Di nomor perorangan, para atlet Jateng juga tampil baik pada event yang sebelumnya bernama Popwil ini.

Para atlet bola basket putri Jateng mendapat pengarahan dari Ketua Kontingen dan Pelatih setelah bertanding di semi final. (istimewa)

BANJARMASIN (jatengtoday.com) – Kontingen jateng sejauh ini tampil perkasa di cabor dan nomor beregu ajang pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Pra Popnas) Zona 3 yang berlangsung di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Bahkan Selasa (1/11/2022) Jateng akan tampil di 10 babak final cabor beregu.

Cabor-cabor beregu yang menempatkan Jateng ke babak final yakni bola voli indoor putra-putri, sepak takraw di semua nomor, bola basket putra-putri, tenis lapangan beregu putra-putri, bulu tangkis beregu putra-putri, bola basket putra-putri dan sepak bola.

Ketua Kontingen Jateng Aria Chandra mengatakan para atlet Jateng memang tampil bagus di semi final, pihaknya minta kepada para atlet untuk fokus menghadapi babak final besok.

“Target Jateng memang lolos di semua nomor yang dipertandingkan pada Popnas ke 16 yang akan berlangsung di Bangka Belitung, Sumatera Selatan tahun depan. Masuk final itu sudah lolos ke Popnas, tapi akan lebih bagus kalau kita dapat emas,” katanya.

Di nomor perorangan, para atlet Jateng juga tampil baik pada event yang sebelumnya bernama Popwil ini. Sampai Senin (31/10/2022) malam Jateng sudah meraih lima medali emas.

Di antaranya Pencak silat hari ini sudah meraih satu medali emas atas nama Muhammad Toha di nomor Tungal Putra dan besok masih ada delalan pesilat Jateng yang tampil di final untuk memperebutkan medali emas.

Dari cabor tinju bahkan Jateng sudah mengoleksi tiga medali emas. Satu di antaranya diraih petinju putri Josza Karisma Larasati di kelas 52-54 kg. Satu medali emas Jateng direbut tim sepak takraw.

Kontingen Jawa Tengah memang tampil dengan kekuatan penuh saat Pra Popnas Zona 3 yang berlangusung  26 Oktober sampai 2 November 2022.

Total Jateng memberangkatkan 123 atlet, 23 pelatih dan 20 ofisial di Pra Popnas Zona 3 yang mempertandingkan delapan cabang olahraga yakni tenis lapangan, bulu tangkis, tinju, bola basket, bola voli indoor, pencak silat, sepak takraw dan sepak bola.

Kekuatan Jateng pada Pra Popnas Zona 3 di Banjarmasin didominasi oleh para atlet yang selama ini digembleng di PPLOP (Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar) Jawa Tengah, ditambah atlet-atlet pelajar non PPLOP yang lolos seleksi serta talent scouting.

Pra Popnas sendiri berlangsung secara serentak dalam lima zona.  Zona 1 akan dilaksanakan di Jakarta, Zona 2 di Lampung, Zona 3 Kalimantan Selatan, Zona 4 Kalimantan Timur dan Zona 5 Sulawesi Tenggara. Di Zona 3 selain Jateng juga bersaing enam provinsi lain yakni tuan rumah Kalsel, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Bali, Banten dan DI Yogyakarta. (*)

Ajie MH.