in

PPLOP Sumbang 24 Atlet untuk Jateng di PON Aceh-Sumut

SEMARANG (jatengtoday.com) – Balai Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLOP) Provinsi Jawa Tengah menyumbang cukup banyak atletnya untuk masuk dalam kontingen Jateng dari berbagai cabang olahraga. Sebanyak 24 atlet PPLOP akan tampil di Pakan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Aceh dan Sumut yang akan berlangsung September.

“Mereka saat ini sedang tergabung dalam Pelatda berbagai cabang olahraga. Kami sengat bangga dan berharap para atlet ini mampu menyumbang medali emas untuk Jateng,” ujar Kepala Balai PPLOP Jateng Cicilia Eni Kurniati, saat acara pelepasan atlet PPLOP Jateng tahun 2024 di GOR Jatidiri, Selasa (2/7/2024).

Balai PPLOP Provinsi Jawa Tengah tahun ini berhasil meluluskan 67 atlet. Selama menempuh pendidikan di PPLOP, sebagian besar atlet sukses meraih berbagai prestasi mulai tingkat PORPROV hingga mengharumkan nama Indonesia di event internasional.

Plh. Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Tengah mengatakan, Syurya Deta Syafrie, mengatakan ke-67 atlet ini berasal dari 24 cabang olahraga yang dibina oleh Disporapar Jateng melalui Balai PPLOP.

Dalam satu tahun terakhir ini para atlet pelajar binaan Balai PPLOP Jateng meraih berbagai prestasi di antaranya meraih gelar juara umum Kejurnas antar PPLP di NTT pada akhir Juli tahun 2023, juara Kejurnas antar PPLP di NTB, juara umum Kejurnas antar PPLP di Sulawesi Tengah, juara Kejurnas PPLP cabang olahraga Sepakbola di Kalimantan Timur, juara umum cabor Karate dalam Kejurnas antar PPLP di Sulut, juara umum cabor Pencak Silat Kejurnas antar PPLP di Kalimantan Selatan, serta mewakili kontingen Indonesia mengikuti kejuaraan pelajar atau Asia Youth di Vietnam untuk atlet Atletik, Renang dan Pencak Silat.

“Ini belum atlet yang sukses meraih medali di PORRPOV, POPNAS hingga Kejurnas. Juga atlet yang masuk skuad tim nasional seperti atlet sepakkbola Habil Akbar yang tampil di Piala Dunia U17 dan Piala AFF U16. Kami memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada atlet yang berlatih dan belajar dengan disiplin tinggi, serta atas kerja keras jajaran Balai PPLOP Jateng beserta para pelatih,” bebernya.

Syurya mengatakan, setelah lulus sekolah setara SMA para atlet tersebut tidak lagi dalam pembinaan Balai PPLOP dan bebas melanjutkan karirnya, baik untuk pendidikan maupun karirnya sebagai atlet. “Ini kesempatan untuk KONI Jawa Tengah dan pengprov-pengprov cabang olahraga di Jateng untuk bisa memanfaatkan mereka sekaligus melanjutkan pembinaan yang sudah kami lakukan selama tiga tahun ini. Mereka atlet-atlet yang potensial,” tandasnya.

Setelah acara pelepasan, dilanjutkan dengan penerimaan atlet baru yang akan dididik di PPLOP Jateng selama tiga tahun mendatang. Ada 67 atlet baru dari 24 cabang olahraga hasil seleksai ketat beberapa waktu lalu. Cabang olahraga Sepakbola adalah cabor yang paling diminati dengan pendaftar terbanyak. (*)

Ajie MH.