in

Popnas 2021 Digelar di Sumsel, Jateng Seleksi Ratusan Atlet

SEMARANG (jatengtoday.com) – Setelah tahun lalu tak digelar karena pandemi Covid-19, Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) kembali dilaksanakan 2021 ini. Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Jateng segera melakukan seleksi atlet, dimulai Rabu (24/3/2021) besok di Semarang.

Kepala Disporarapar Jateng Sinoeng Nugroho Rachmadi mengatakan, Kementerian Pemuda dan Olahraga RI memastikan Popnas XVI tahun 2021 akan berlangsung di Sumsel dan Bangka Belitung, Agustus mendatang.

Sebanyak 24 cabor akan dipertandingkan dalam event tahunan tersebut. Karena itu pihaknya segera menggelar seleksi atlet. Untuk seleksi tahap pertama, pekan ini akan diseleksi atlet dari 6 cabor. Yakni atletik, voli indoor, voli pasir, tenis meja, tenis lapangan dan sepak takraw.

Baca juga: Semua Peserta Popda Jateng Wajib Tes GeNose Sebelum Ikuti Kompetisi

“Kita (Jateng) rencananya akan mengikuti semua cabor. Namun seleksi atlet dilakukan bertahap sesuai rekomendasi Gugus Tugas Covid-19 Jateng. Pada tahap pertama akan dilaksanakan seleksi sebanyak 6 cabor,” ujarnya, Selasa (23/3/2021).

Sementara Kabid Keolahragaaan Agung Hariyadi memaparkan, peserta yang dipanggil seleksi tahap pertama adalah peserta yang telah lolos seleksi portofolio berdasarkan koordinasi dari Pengprov Cabor dan Balai Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLOP) Jateng.

Untuk atletik akan diseleksi sebanyak 50 atlet pelajar dari seluruh Jateng, lalu atlet bola voli pasir 32 atlet, voli indoor 70 atlet, sepak takraw 10 atlet, tenis meja 22 atlet dan tenis lapangan 10 atlet.

Baca juga: PPLOP Jateng Gelar Seleksi Atlet untuk 19 Cabor, Tahap Pertama Dilakukan Daring

“Untuk kuota atlet tiap-tiap cabor masih dikoordinasikan oleh para pelatih penyeleksi. Seleksi akan dilakukan dengan cermat untuk memilih atlet terbaik mewakili Jateng di Popnas. Bahkan atlet yang selama ini digembleng di PPLOP Jateng tidak otomatis mewakili Jateng di Popnas, tetap harus ikut dan lolos seleksi,” tegasnya.

Untuk seleksi atletik akan berlangsung di Lapangan Tri Lomba Juang Semarang, Kamis (25/3/2021) pukul 06.00. Sementara Voli Indoor, Voli Pasir, Sepak Takraw, Tenis Meja dan Tenis Lapangan seleksi akan dilaksanakan di Kawasan GOR Jatidiri Rabu (24/3/2021) pukul 08.00.

“Selama seleksi, Disporapar Jateng menyediakan akomodasi dan konsumsi,” ujarnya. (*)

 

editor: ricky fitriyanto