in

Taekwondoin Ezar Sumbang Emas, Jateng Masih Tercecer di Arena Popnas

Kontingen Jateng berkekuatan 264 atlet dan 54 pelatih pada Popnas Palembang yang berlangsung hingga 4 September 2023.

Atlet taekwondo Jateng Ezar Faadihillah Desta Mahardika meraih emas Popnas. (istimewa)

PALEMBANG (jatengtoday.com) –  Memasuki hari ketiga, Kontingen Jawa Tengah masih belum menunjukkan tajinya dan masih tercecer pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI 2023 yang berlangsung di Palembang, Semsel.

Hingga selesainya keseluruhan pertandingan pada Selasa (29/8/2023) Jateng masih mengumpulkan dua medali emas, delapan perak dan enam perunggu dan berada di posisi ke lima.

Sementara posisi empat besar sementara diraih Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta dan Kalimantan Timur. Jabar memimpin dengan 19 medali emas, empat perak dan tujuh perunggu.

Jabar berjaya di awal penyelenggaraan Popnas dengan di antaranya menguasai cabor taekwondo dengan menyapu sembilan medali emas dan empat emas dari angkat besi. Emas lain Jabar diperoleh dari renang, menembak, senam.

Sementara dua keping medali emas yang diraih Jateng disumbangkan dari cabor  taekwondo di nomor kyorugi kelas Over 78 kg Putra atas nama Ezar Faadihillah Desta Mahardika  dan di cabor senam  nomor Palang Sejajar Artistik Putra.

Bertanding di Stadion UIN Raden Patah Palembang, Selasa (29/8),  atlet taekwondo Jateng Ezar mampu mengalahkan atlet Jabar dalam babak final.

Cabang taekwondo juga menyumbangkan satu perak melalui Agwin Changnara Salsabila (U 52 Kg Putri), dan tiga perunggu masing-masing Najwa Nur Aqillah (U 68 Kg Putri), Winda Yuke Arindi (U 55 Kg Putri), dan Roro Estu Gustaparatu (Recognize Poomsae Individual Putri).

“Masih ada harapan mendapatkan emas pada pertandingan Rabu besok dan lusa,” kata Pelatih Taekwondo Jateng Aulia Meythia Hapsari.

Jateng sendiri pada Rabu (30/8/2023) mencoba mengejar ketertinggalan perolehan medali. Beberapa cabor yang diandalkan Jateng akan mulai dipertandingkan di antaranya Panjat Tebing, dan Pencak Silat.

“Selain itu Jateng juga masih berharap medali emas dari cabor taekwondo, renang, senam serta meenembak yang masih akan memperebutkan medali emas Rabu. Semoga hasilnya lebih optimal,” tegas Komandang Kontingen Popnas Jateng Aria Chandra Destianto.

 Kontingen Jateng berkekuatan 264 atlet dan 54 pelatih pada Popnas Palembang yang berlangsung hingga 4 September 2023.

Jateng akan turun di 22 cabor atau semua cabor yang dipertandingkan, meliputi  panjat tebing, angkat besi, atletik, balap sepeda, bola basket, bola voli, bulu tangkis, judo, karate, menembak, panahan, pencak silat, renang, dayung, tenis, kempo, tinju, senam, sepak bola, taekwondo, sepak takraw dan wushu. (*)

Ajie MH.