in

Jateng Masih Terseok di hari ke 3 POPNAS 2023

Lain dari cabor perorangan, untuk cabor beregu Jateng masih tampil prima.

PALEMBANG (jatengtoday.com) – Kontingen Jawa Tengah masih belum bisa berbicara banyak di hari ke-3 Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVI 2023 yang berlangsung di Palembang, Semsel. Hingga selesainya keseluruhan pertandingan pada Selasa (29/8) Jateng masih mengumpulkan dua medali emas, delapan perak dan enam perunggu dan berada di posisi ke lima.

Sementara posisi empat besar sementara diraih Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta dan Kalimantan Timur. Jabar melesat kencang dengan perolehan sementara 19 medali emas, empat perak dan tujuh perunggu.

Jawa Barat berjaya di awal penyelenggaraan POPNAS dengan di antaranya menguasai Cabor Taekwondo dengan menyapu 9 medali emas dan 4 emas dari Angkat Besi. Emas lain Jabar diperoleh dari Renang, Menembak dan Senam.

Sementara dua keping medali emas yang diraih Jateng disumbangkan dari cabor Taekwondo di kelas Over 78 kg Putra dan di cabor Senam pada nomor Palang Sejajar Artistik Putra.

Rabu (30/8) Jateng akan mencoba mengejar ketertinggalan perolehan medali. Beberapa cabor yang diandalkan Jateng akan mulai dipertandingkan di antaranya Panjat Tebing, dan Pencak Silat.

“Selain itu Jateng juga masih berharap medali emas dari cabor Taekwondo, Renang, Senam serta Menembak yang masih akan memperebutkan medali emas Rabu. Semoga hasilnya lebih optimal,” tegas Aria Chandra, Komandan Kontingen POPNAS Jateng.

Lain dengan cabor perorangan, untuk cabor beregu Jaten masih tampil prima. Bola Basket misalnya, tim putra Jateng melibas Jatim 71-55 Senin (28/8). Lalu di Voli Indoor Putra mengalahkan Kalbar 3-0. “Target Voli Indoor Jateng meraih medali emas untuk putra maupun putri,” ujar Purdiyanto, manager tim Voli Jateng optimistis.

Kontingen Jateng berkekuatan 264 atlet dan 54 pelatih pada POPNAS Palembang yang berlangsung 4 September 2023. Jateng bertanding di 22 cabor atau semua cabor yang dipertandingkan, yakni panjat tebing, angkat besi, atletik, balap sepeda, bola basket, bola voli, bulu tangkis, judo, karate, menembak, panahan, pencak silat, renang, dayung, tenis, kempo, tinju, senam, sepak bola, taekwondo, sepak takraw dan wushu. (*)

Ajie MH.