in

Jateng Sukses Penuhi Target Dua Besar POMNAS 2023

Kadisporapar Jateng Agung Hariyadi menyerahkan medali di cabor Gulat Pada POMNAS 2023. Gulat Jateng mendulang 1 medali emas, 5 perak dan 7 perunggu. (istimewa)

BANJARMASIN (jatengtoday.com) – Kontingen Jawa Tengah berhasil memenuhi target prestasi di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) 2023 yang berlangsung di Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang mempertahankan posisi yang direbut di ajang POMNAS sebelumnya yang berlangsung di Sumatera Barat tahun lalu.

Ditutup Rabu (22/11/2023), kontingen Jateng mengumpulkan 34 medali emas, 42 perak dan 39 perunggu. Jatim yang membayang-bayangi Jateng hingga sebelum berakhirnya POMNAS 2023 finish di urutan tiga dengan 30 medali emas, 29 perak dan 46 perunggu. Sementara posisi pertama gelar juara umum dipertahankan DKI Jakarta yang kokoh diduduki DKI Jakarta perolehan dengan 68 medali emas, 34 perak dan 48 perunggu.

Sukses Jateng ditentukan pada hari terakhir penyelenggaraan ajang multievent antar mahasiswa se-Indonesia ini. Lima medali emas berhasil di raih Jateng dari cabor Tenis Lapangan, Karate, Panjat Tebing dan Sepak Takraw.

Ketua Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) Provinsi Jawa Tengah Handojo Djoko Waloejo mennyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen kontingen Jawa Tengah di POMNAS 2023.

“Kita memang masih belum mampu menjadi juara umum, tapi posisi kedua ini sudah merupakan prestasi yang membanggakan. Ini tidak mudah, karena kekuatan Jawa Timur juga luar biasa dan sempat menguntit ketat perolehan medali Jateng hingga menjelang berakhirnya POMNAS 2023,” jelasnya.

Handojo mengatakan, ke depan bukan tidak mungkin Jateng akan menjadi juara umum menggeser kekuatan DKI Jakarta. “Setelah pulang nanti kita akan evaluasi. Kita akan petakan lagi kekuatan Jateng, dan fokus bersaing dengan DKI di POMNAS berikutnya,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Agung Hariyadi mengatakan, keberhasilan Jateng bertahan di posisi kedua pada POMNAS 2023 tidak lepas dari koordinasi yang baik antara Disporapar Jateng dan BAPOMI Jateng.

“Persiapan kita juga sangat matang, sehingga prestasi per cabor cukup baik. POMNAS depan prestasi ini akan kita tingkatkan lagi,” tegas Kadisporapar Jateng.

Pada POMNAS 2023 ini, dari 15 cabor yang diikuti Jateng hanya basket yang gagal menyumbang medali emas. Cabor taekwondo menjadi juara umum dengan menyumbang terbanyak yakni 5 medali emas, kemudian sepak takraw Jateng juga juara umum dengan 3 medali emas. Lalu 4 emas dari Pencak Silat, 4 dari Karate, 3 Bulutangkis dan 3 Atletik.

Kontingen POMNAS Jateng berkekuatan 270 atlet dan ofisial dari 29 perguruan tinggi di Jawa Tengah. Dari puluhan perguruan tinggi itu, penyumbang atlet terbanyak adalah Universitas Negeri Semarang (Unnes) dengan 41 atlet. Dari 16 cabang olahraga yang dipertandingkan, Jawa Tengah mengikuti 15 di antaranya. (*)

Ajie MH.