in

Wushu Sanda Jateng Sumbang 5 Emas di Popnas 2023

Dalam babak final, Auerella berhasil mengalahkan atlet Riau Ratu Agusti, sedangkan Nasya Aulia sukses menaklukkan Jeni Dwi Ningtias (Jatim). 

PALEMBANG (jatengtoday.com) – Prestasi gemilang ditorehkan para atlet wushu sanda (nomor pertarungan) Jateng dengan menjadi pengumpul medali emas terbanyak di gelanggang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI 2023 yang berlangsung di Jakabaring Sport City, Palembang, Sumsel, Jumat 1 September 2023.

Jateng mendominasi wushu sanda dengan capaian 5 medali emas, 2 perak, 1 perunggu dan menempati posisi teratas dalam klasemen akhir. Sayang di wushu taolu (peragaan jurus), Jateng hanya mampu membawa pulang 1 medali perak, 2 perunggu dan berada di urutan kelima.

Kelima emas Jateng dipersembahkan Aurella Calysta Purnomo di kelas 45 kg putri, Nasya Aulia Zahra (48 kg putri), Intan Anindiya (52 kg putri),  Genta Ganda Prakoso (60 kg putra), dan Muhammad Raihan Zaky Robanny (70 kg putra).

Sedangkan dua perak, disumbangkan Dewangga Lindu Saputra (52 kg putra), dan Pandu Dian Saputra (56 kg putra). Satu perunggu di nomor sanda diraih Yamada Prian Aldofa (48 kg putra)

Dalam babak final, Auerella berhasil mengalahkan atlet Riau Ratu Agusti, sedangkan Nasya Aulia sukses menaklukkan Jeni Dwi Ningtias (Jatim). 

Manajer Tim Wushu Popnas Jateng Mochamad Zaenuri menyampaikan rasa syukur atas prestasi mengesankan yang diukir atletnya di Popnas. Menurutnya, keberhasilan tersebut tak lepas kedisplinan latihan, dan kekompakan tim.

”Semua ini berkat persiapan yang matang, kekompakan tim, kesinambungan program latihan secara ajeg tanpa putusa dalam setiap generasi,” ujar Zaenuri.

Capaian wushu yang berhasil mendulang lima emas, diikuti cabang sepak takraw yang menambah dua emas di nomor kuadran putra, dan inter regu putri. Emas lainnya disumbangkan panahan atas nama Arrow Ardra Adnansafa di eliminasi individual divisi nasional putra dan pembalap Deska Raya Adya di nomor kriterium putra.

Hingga hari keenam (1/9), Jateng masih bertengger pada urutan keempat dengan 27 emas, 28 perak, dan 21 perunggu. Urutan teratas ditempati DKI Jakarta (59-32-32), Jatim (39-35-31), dan Jabar (34-26-41). (*)

Ajie MH.