in

Jateng Urutan Empat Popnas 2023, Jadi Juara Umum di Tiga Cabang Olahraga

Prestasi spektakuler juga dicatatkan cabang sepak takraw yang melakukan sapu bersih lima medali emas. Dua emas terakhir, diperoleh dari nomor double event putra dan inter regu putri.

PALEMBANG (jatengtoday.com) – Kontingen Jawa Tengah menempati urutan keempat dalam ajang multievent Pekan Olahraga Pelajar (Popnas) XVI 2023 di Palembang, Sumatera Selatan,  yang berakhir Minggu 3 September 2023.

Jateng yang menurunkan 339 atlet dan tampil di 22 cabang olahraga (cabor), berhasil membawa pulang 39 medali emas, 35 perak, dan 36 perunggu. Perbendaharaan 39 emas tersebut diperoleh dari cabor atletik yang merengkuh 8 medali emas, bola voli (1), bulutangkis (1), pencak silat (1), sepak takraw (5), taekwondo (2), panahan (7), wushu (5), renang (1), menembak (2), balap sepeda (1), karate (3), dan senam (2).

Juara umum pada Popnas 2023 ditempati DKI Jakarta yang menggondol 84 emas, 49 perak, dan 47 perunggu. Posisi kedua dan ketiga diiduduki Jawa Barat dengan raihan 50 emas, 37 perak, 49 perunggu.

Meskipun bertengger pada posisi keempat, namun Jateng menjadi juara umum di tiga cabor yaitu atletik, panahan, dan sepak takraw. Pada cabor wushu yang menggelar nomor taolu dan sanda, atlet Jateng menjadi pengumpul emas terbanyak yaitu lima keping di nomor sanda.

Pada hari terakhir cabang atletik Minggu (3/9/2023), Jateng mampu menyita perhatian ketika tiga atletnya yaitu Afrizal Faiz, Radja Rizky dan Adi Firmansyah masing-masing meraih emas, perak, dan perunggu pada nomor tolak peluru putra. Jateng juga menambah perunggu nomor lontar martil putri atas nama Anisa Ayu.

Prestasi spektakuler juga dicatatkan cabang sepak takraw yang melakukan sapu bersih lima medali emas. Dua emas terakhir, diperoleh dari nomor double event putra dan inter regu putri.

Dalam laga final, tim putra menumbangkan Riau dengan skor 2-0 (21-15, 21-16), sedangkan putrinya harus berjuang keras untuk mengalahkan Jatim 2-1 (21-17, 11-21, 21-9).

Selain emas di nomor double event, sebelumnya tim putra berjaya di nomor tim beregu dan kuadaran, sedangkan putrinya di nomor double event.

Pelatih Jateng Setyo Budi mengakui, sukses sepak takraw mendominasi Popnas ini tak lepas dari persiapan yang matang jauh-jauh hari.

“Kuncinya kedisplinan untuk berlatih, kekompakan semua lini dari atlet, pelatih, dan pembina. Kami sangat bersyukur atas prestasi membanggakan ini,” ujar mantan pelatih nasional itu.

Prestasi membanggakan juga ditorehkan oleh cabang panahan yang berhasil memborong tujuh emas.  Emas terakhir didapat dari nomor eliminasi regu divisi nasional putra (Arrow Ardra Adnansafa, Wisanggeni Noor Ahmadinejad, Dhegas Praja Budiarko).

Dari cabang bola voli putra, Jateng meraih emas setelah dalam final mengalahkan DI Yogyakarta dengan skor ketat 3-2. (*)

Ajie MH.