in

5.000 Atlet Meriahkan PORNAS KORPRI di Semarang 13-23 Juli 2023

Untuk venue, disiapkan Jatidiri (tenis lapangan dan voli), GOR Undip (futsal), Tri Lomba Juang (tenis meja, bulu tangkis dan gateball), Hotel Ghradika (catur), GOR Sahabat (basket) serta Stadion Diponegoro (balap sepeda velodrome).

Pembukaan Porprov KORPRI Jateng tahun lalu di GOR Jatidiri oleh Wagub Taj Yasin. Tahun ini, Jateng menjadi tuan rumah PORNAS KORPRI XVI. (istimewa)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Jawa Tengah siap menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PORNAS) Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) XVI yang akan digelar 13 – 23 Juli yang dipusatkan di Kota Semarang. Sebanyak 5.000 atlet dan ofisial KORPRI dari seluruh Indonesia bakal memeriahkan multievent olahraga khusus ASN tersebut.

“Peserta terkonfirmasi 5.000 atlet dan ofisial dari 98 kontingen yang terdiri dari 34 Pemerintah Provinsi seluruh Indonesia serta sisanya Kementerian dan Lembaga Negara lain. Masih ada tiga Lembaga yang kita tunggu konfirmasinya dalam beberapa hari ini,” ujar Ketua Bidang Pertandingan PORNAS KORPRI XVI Aria Chandra Destianto, dihubungi Rabu (5/7).

Menurut Aria, Pemprov Jateng sebagai tuan rumah siap mensukseskan PORNAS KORPRI XVI tahun 2023 ini, dari semua aspek baik pertandingan, venue hingga transportasi dan keamanan.

“Kita ingin semua peserta nyaman dan aman selama berada di Kota Semarang,” tandas Aria yang juga Kepala Bidang Keolahragaan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jawa Tengah.

Aria memaparkan, pada event empat tahunan tersebut, bakal dipertandingkan 10 cabang olahraga. Yakni futsal, gate ball, senam Korpri, bulutangkis, tenis meja, tenis lapangan, basket, volley, balap sepeda dan catur.

Untuk venue, disiapkan Jatidiri (tenis lapangan dan voli), GOR Undip (futsal), Tri Lomba Juang (tenis meja, bulu tangkis dan gateball), Hotel Ghradika (catur), GOR Sahabat (basket) serta Stadion Diponegoro (balap sepeda velodrome).

Sementara Wakil Ketua Panitia PORNAS KORPRI XVI Budi Santoso menegaskan, Pemprov Jawa Tengah sudah 100 persen siap menyambut kedatangan kontingen yang dijadwalkan sudah akan berdatangan pada awal pekan depan. Menurutnya, momen tuan rumah event berskala nsinal tersebut sekaligus akan dimanfaatkan Jawa Tengah untuk mempromosikan potensi sport tourism.

“Yang utama tentunya bagaiamana agar PORNAS KORPRI di Jateng sukses dari sisi penyelenggaraan. Harapan lain kami adalah bahwa kedatangan ribuan atlet dan ofisial dari seluruh Indonesia tersebut bisa menggairahkan perekonomian di Jateng khususnya di Kota Semarang di mana hotel, rumah makan, warung makan, tempat wisata, tempat cendera mata hingga UMKM mendapatkan manfaat dari PORNAS KORPRI di Semarang ini. Kombinasi antara sport dan tourism memang tidak bisa dipisahkan,” kata Budi Santoso, yang juga Kepala Satpol PP Provinsi Jawa Tengah ini.

Budi mengharapkan, masyarakat Kota Semarang menyambut antusias event tersebut, dengan bersama-sama menjaga kondusifitas keamanan sehingga para peserta merasa nyaman berada di Kota Semarang. (*)

Ajie MH.