in

Harga Ayam Terjun Bebas, Pemerintah Diminta Lakukan Aksi Borong

SEMARANG (jatengtoday.com) – Harga ayam potong masih terjun bebas meski mendekati lebaran. Para peternak pun terancam mengalami kerugian besar.

Jika harga ayam potong tidak segera stabil, dikhawatirkan banyak peternak gulung tikar. Karena itu, anggota Komisi B DPRD Jateng, Muhammad Ngainirichadl meminta pemerintah melakukan intervensi.

“Ini dampak pandemi corona, ya. Sebenarnya dampaknya hampir di semua sektor. Sosial ekonomi juga. Salah satunya di ayam potong. Biasanya kalau mau lebaran gini, harganya naik. Ini masih anjlok,” ucap politikus PPP ini, Senin (18/5/2020).

Dari kacamatanya, harga ayam potong yang terjun bebas, bisa disebabkan stok ayam yang melimpah. Sementara permintaannya turun.

“Hukum ekonomi kan seperti itu. Jadi harganya anjlok. Ini karena dampak ekonomi dari corona,” tuturnya.

Intervensi yang perlu dilakukan pemerintah, lanjutnya, dengan melalukan aksi borong ayam. Langkah ini bisa menyelamatkan peternak ayam sekaligus pedagang. Daging ayam yang diborong, nantinya bisa dibagikan ke masyarakat yang terdampak corona.

“Peternak dan pedagang terselamatkan, masyarakat juga terbantu,” imbuhnya.

Selain itu, pemerintah juga diminta mengawal kondisi peternak-peternak ayam. Jangan sampai, gara-gara industri ayam hancur, kemudian ke depannya, Jateng jadi krisis ayam potong.

“Bagaimana pemerintah bisa mengawal. Intinya jangan sampai nanti impor ayam. Sekarang saja peternak menangis, kok nanti malah impor,” terangnya. (*)

 

editor: ricky fitriyanto