in

Objek Wisata Diminta Siap-siap Hadapi Lonjakan Wistawan saat Lebaran

Keberadaan desa wisata bisa jadi opsi menghindari kepadatan wisatawan.

Pengelola tempat wisata diminta membatasi jumlah pengunjung untuk menajga prokes. Jika melanggar, pemerintah akan menutup paksa. (pixabay)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Sejumlah destinasi wisata di Jateng diperkirakan bakal dipadati pengunjung saat libu Lebaran nanti.

Sekretaris Komisi B DPRD Jateng, Muhammad Nganirichardl menuturkan, larangan mudik karena pandemi dua tahun terakhir bisa jadi alasan masyarakat bakal jor-joran di Lebaran besok.

Tidak dipungkiri, mereka bakal melancong ke tempat-tempat wisata mengingat ada libur panjang pada Idul Fitri tahun ini.

“Perkiraan tingginya kunjungan wisata ini perlu diantisipasi pemerintah. Mengingat Jateng kan jadi tujuan mudik. Masyarakat nanti juga akan piknik ke tempat-tempat wisata di Jateng,” terangnya ketika dihubungi, Rabu (20/4/2022).

Legislator Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini meminta Pemprov Jateng segera berkoordinasi dengan pengelola tempat wisata untuk menyambut pelancong.

“Termasuk bagaimana skenario lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan panjang di jalan menunju tempat wisata,” jelasnya.

Kesiapan Wahana Wisata

Lebih lanjut, Richardl mengimbau pengelola memastikan wahana wisata yang ditawarkan benar-benar siap. Tidak hanya soal protokol kesehatan, juga fasilitas penunjang.

“Wahana wisata yang menggunakan alat, harus dipastikan berjalan seperti yang seharusnya. Jangan sampai membahayakan pengunjung seperti tragedi perahu tenggelam di Waduk Kedung Ombo tahun lalu,” pesannya.

Dia juga berpesan kepada masyarakat untuk memilih tempat wisata yang nyaman. Keberadaan desa wisata bisa jadi opsi menghindari kepadatan wisatawan di objek-objek wisata favorit masyarakat.

“Sekarang banyak destinasi wisata baru di desa-desa. Jadi nggak perlu jauh-jauh. Yang penting aman, nyaman, bahagia,” tandasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.