in

Begini Rasanya Nyetir Virtual dengan Drive and Listen

Moodbooster selama “di rumah saja”.

Drive and Listen punya paket gratis nyetir virtual dengan view 53 kota. Sambil nyetir, bisa dengar lagu. Moodbooster bagi yang kangen nyetir selama pandemi COVID-19. (Credit: Drive and Listen)

Selama pandemi COVID-19, “di rumah saja” membuat orang kangen jalan-jalan.

Kangen nyetir sambil dengar lagu? Buka Drive and Listen.

Ketik saja di Google: drive and listen

Atau buka klik web Drive and Listen ini

https://driveandlisten.herokuapp.com

Website ini terbilang unik. Isinya, tampilan video nyetir. Seolah-olah kita sedang nyetir dan keliling kota. Ada 53 kota yang bisa kamu pilih. Mau kualitas video 4K agar suasana benar-benar mendekati nyata, bisa juga dengan resolusi 720p.

Pemakai bisa atur kecepatan mobil. Kalau mau tenang dan slow, pilih speed 1x, atau 1.5x, sedangkan yang suka ngebut, bisa pilih speed 2x.

Selain itu, suara di jalanan dan sekitarnya bisa di-on-off sesuai selera.

Fitur yang sangat menarik, ada stasiun radio yang mengiringi perjalanan virtual kamu. Tinggal pilih tombol Forward atau Reward, stasiun radio berganti-ganti.

Sumber video untuk website ini, berasal dari video-video YouTube. Kamu akan diarahkan ke sana jika klik “video source” (sumber video).

Drive and Listen punya paket gratis nyetir virtual dengan view 53 kota. Sambil nyetir, bisa dengar lagu. Moodbooster bagi yang kangen nyetir selama pandemi COVID-19. (Credit: Drive and Listen)

Website ini disukai orang-orang yang kangen nyetir ke luar kota selama masa pandemi. Mereka bisa merasakan berpergian secara virtual. Ada manfaat lain, terlepas dari masa pandemi atau tidak. Kalau sedang break dari pekerjaan, misalnya, kamu punya waktu 5 menit istirahat, buka saja website Drive and Listen ini.

Moodbooster untuk Pikiran Kreatif

Saya akan berbagi rahasia, mengapa tampilan nyetir sambil dengan suara noise lembut, bisa untuk moodbooster.

Suara “noise” yang ada di sekitar, seperti orang berjalan, asalkan dengan intensitas yang tepat, dapat menjadi mood booster. Pikiran bisa lebih kreatif.

Dalam obrolan dunia nyata, ini yang terjadi: pikiran manusia cenderung menganggap “suara” sebagai “ucapan”. Terutama di dunia yang terlalu mengandalkan bahasa. Orang diminta untuk berbicara dengan “jelas” agar orang lain paham dengan apa yang ia ucapkan.

Suara terlalu sering dihubungkan dengan bahasa, yang bermakna verbal. Itu sebabnya, kantor dan rumah cenderung membuat orang tidak kreatif. Terlalu banyak gangguan.

Pikiran dipaksa untuk terus-menerus berkonsentrasi mengartikan “suara ini”. Fokus sering kacau karena pikiran memproses suara latar, menyela, dan meminta perhatian kamu ketika seseorang di kantor atau rumah, mengucapkan sesuatu.

Agar lingkungan kamu lebih kreatif, dengarkan suara latar yang tidak berupa kata-kata. Kamu perlu suara latar (ambient) dan noise, yang seperti ucapan manusia, namun sebenarnya tidak.

Suara kafe, percakapan yang tidak jelas, suara jalan, bisa membentuk orkestra tersendiri dalam pikiran dan memacu kreativitas.

Nikmati 5 menit untuk relaksasi di tengah pekerjaan, dengan menikmati perjalanan virtual bersama Drive and Listen. [dm]

Day Milovich

Webmaster, artworker, penulis, konsultan media, tinggal di Rembang dan Semarang.