Kapores Malang AKBP Ferli Hidayat dinonaktifkan dari jabatannya dan dimutasi ke Pamen SSDM Polri.
in

Tragedi Kanjuruhan, Kapolres Malang dan 9 Komandan Brimob Dicopot

Kepolisian menaikkan statusnya dari penyelidikan menjadi penyidikan.

MALANG (jatengtoday.com) – Buntut tragedi Kanjuruhan yang menewaskan sedikitnya 125 jiwa, Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat dicopot dari jabatannya. Selain itu, 9 komandan Brimob juga dicopot. Sebanyak 28 anggota polisi diduga melakukan pelanggaran kode etik dalam insiden di Stadion Kanjuruhan Malang.

Poncopotan itu diumumkan oleh atas dasar Surat Telegram Kapolri bernomor ST/2098/X/2022 oleh Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.

“AKBP Ferli Hidayat dinonaktifkan dari jabatannya dan dimutasi ke Pamen SSDM Polri. Jabatan Kapolres Malang digantikan AKBP Putu Kholis Aryana yang sebelumnya menjabat Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok Polda Metro Jaya,” terang Dedi, dalam press conference di Polres Kabupaten Malang, Senin (3/10/2022).

Selain itu, Kapolda Jatim juga menonaktifkan 9 komandan Brimob. Mereka sebelumnya bertugas sebagai Komandan Rayon, Komandan Kompi, dan Komandan Peleton Brimob Polda Jatim.

Dijelaskannya, saat ini, tim Mabes Polri telah memeriksa 20 orang saksi terkait insiden di Stadion Kanjuruhan ini. Kepolisian dalam kasus ini menerapkan Pasal 359 dan 360 KUHP dan sudah melakukan gelar perkara.

“Dari hasil gelar perkara, tim kepolisian menaikkan statusnya dari penyelidikan menjadi penyidikan,” katanya.

Namun demikian, kepolisian belum mengumumkan siapa saja tersangka yang bertanggung jawab dalam insiden ini. “Untuk penetapan tersangkanya besok akan kami sampaikan lebih lanjut setelah proses penyidikan,” ujar Dedi.

Berikut ini daftar 9 komandan Brimob Polda Jatim yang dicopot buntut Tragedi Kanjuruhan:

– Danyon AKBP Agus Waluyo

– Danton Aiptu Solikin

– Danki AKP Kasdarman

– Danki AKP Untung

– Danton Aiptu M Samsul

– Danton Aiptu Ari Dwiyanto

– Danton AKP Danang

– Danton AKP Nanang

– Danton Aiptu Budi

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Malang mencatat total korban tragedi Kanjuruhan mencapai 424 orang. Korban meninggal 125 orang yang telah teridentifikasi, 39 luka berat, dan 260 luka ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *