in

Lanjutan Liga 1 2022/2023 Digulirkan Mulai Bulan Depan

Tidak adanya kompetisi membuat pemain akan kesulitan untuk mengembangkan potensi diri.

Kemenpora, PSSI, Polri, PT LIB dan klub sepakat Liga 1 2022/2023 kembali digulirkan. (foto: dokumentasi pssi)

JAKARTA (jatengtoday.com) – Nasib kompetisi BRI Liga 1 2022/2023 mulai menemukan titik terang. Kompetisi yang sempat digulirkan hingga pekan ke-11 tersebut bakal dilanjutkan mulai 2 Desember mendatang.

Kemenpora, PSSI, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Polri, Kemenkes, Kementerian PUPR, BNPB, sepakat lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 harus segera digulirkan. Keputusan tersebut merupakan hasil rapat koordinasi (rakor) membahas lanjutan kompetisi di Auditorium Kemenpora, Jakarta, Senin (28/112022).

Baca JugaPolri Izinkan Liga 1 dan Liga 2 Dihadiri Penonton secara Terbatas

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, kompetisi adalah marwah sepak bola. Tidak adanya kompetisi membuat pemain akan kesulitan untuk mengembangkan potensi diri.

Selain itu, tidak adanya kompetisi membuat pemain tim nasional akan jenuh dan amat mungkin tidak bisa menampilkan permainan terbaiknya. Apalagi, Indonesia akan mengikuti Piala AFF Mitsubishi, Piala Asia U20, Piala Asia Senior dan Piala Dunia U-20.

“Tidak bisa pemain hanya latihan jangka panjang dan melakukan latih tanding. Pemain butuh kompetisi. Untuk itu kita menginginkan kompetisi BRI Liga 1 segera bergulir,’’ ujar Menpora, dikutip dari siaran pers PSSI.

Baca Juga: Imbas Tragedi Kanjuruhan, FIFA Bentuk Tim Transformasi Sepak Bola Indonesia

Rakor ini dipimpin Menpora Zainudin Amali, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Asisten Operasi Kapolri Irjen Agung Setya Imam Effendi, perwakilan Kemenkes, Kementerian PUPR, Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus, Direktur Operasional PT LIB Sudjarno, Sekjen PSSI Yunus Nusi, dan 18 pemilik klub Liga 1.

“Untuk membahas soal kompetisi, besok ada rakor khusus terkait pengamanan yang akan diikuti Polri dan pengelola kompetisi (PT LIB), PSSI. Jadi Polri masih butuh waktu satu kali lagi untuk rakor khusus soal pengamanan,” imbuh Amali.

Sentralisasi

Dalam rakor di Kemenpora itu, PT LIB memaparkan terkait kompetisi, yakni format sentralisasi hingga putaran pertama rampung di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Stadion yang rencananya akan dipakai adalah Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Manahan (Surakarta), Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion Sultan Agung (Bantul), dan Stadion Moch Soebroto (Magelang) mulai 2-23 Desember 2022. Setelah itu kompetisi akan menggunakan format home and awal hingga selesai pada 15 April 2023.

Ketum PSSI Mochamad Iriawan mengapresiasi pemerintah yang sudah sepakat jika kompetisi berlanjut lagi. Apalagi saat ini tinggal satu step lagi, yakni rakor bersama Polri agar kompetisi dapat berjalan.

“Terima kasih kepada Menpora, Kemenkes, Kementerian PUPR dan Polri yang sudah merespons hasil task force terkait tragedi Kanjuruhan. Semoga tidak lama lagi kompetisi Liga 1 bergulir lagi, karena apa yang diinginkan PSSI agar timnas Indonesia dapat meningkatkan performa saat kompetisi sudah berjalan,” kata Iriawan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *