in

Rukma Apresiasi Khitan Massal HUT Pertama jatengtoday.com

SEMARANG (jatengtoday.com) – Rukma ikut memeriahkan HUT pertama media online jatengtoday.com yang digelar di Gedung Monod Diephuis, Jalan Kepodang, Kawasan Kota Lama Semarang.

Tidak lupa, dia juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada jatengtoday.com secara personal. Politikus PDI Perjuangan ini juga mengapresiasi jatengtoday.com yang mau ikut memerhatikan masyarakat dengan memberi fasilitas khitan gratis, sekaligus memberikan tali asih.

“Membangun bangsa memang butuh gotong royong. Tidak bisa kalau pemerintah yang melakukan sendiri. Pemerintah hanya bisa 40 persen saja. Yang besar adalah peran dari masyarakat. Seperti pengusaha, mass media, dan lain sebagainya,” terangnya.

Menurutnya, gotong royong menjadi kata kunci membangun negeri. Sebab itu bagian dari Pancasila. “Pancasila juga mengajarkan persatuan. Biar beda suku, adat, bahasa, budaya, tapi kita tetap satu. Itu sudah jadi konsensus ketika mendirikan Indonesia,” tuturnya.

Kalau tidak ada kesadaran untuk bersatu, tambahnya, Indonesia pasti akan terpecah belah. Papua, Maluku, Nusa Tenggara, dan pulau lain akan berdiri menjadi negara sendiri. “Seperti zamannya Uni Soviet, dulu merupakan negara yang besar. Tapi karena tidak punya jiwa persatuan, akhirnya pecah dan runtuh,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur jatengtoday.com, Agus S Winarto mengaku, sengaja mengadakan khitan massal untuk memeriahkan ulang tahun jatengtoday.com. Sebab menurutnya, memeriahkan hari jadi tidak melulu dengan foya-foya.

“Buat apa berdiri megah jika di sekitarnya masih ada yang butuh uluran tangan,” terangnya. (*)

editor : ricky fitriyanto