in

Riset Online dengan Research Note (Beta)

Mengubah cara saya browsing. Pilih yang terpenting, dengan kapasitas tanpa batas. Andalan untuk riset dan menulis.

Research Note (Beta) hanya untuk riset serius. Pas untuk menulis makalah, skripsi, dan penelitian, dengan bahan-bahan yang kamu dapatkan secara online.

Simpan apa yang kamu temukan selama browsing. Tambahkan keyword dan catatan. Semua dalam 1 tempat yang hanya bisa kamu akses sendiri.

Cara ini agar berbeda dengan mengumpulkan content di OneNote. Kamu bisa baca Menulis Makalah Online dengan OneNote Web Clipper.

Kasus Pemakaian Research Note (Beta)

Suatu hari dalam hidup. Kamu dapat tugas menulis makalah, atau riset online. Betapa merepotkan kalau copy-paste content dan URL dari browser ke Microsoft Word. Itu yang membuat browsing menjadi lama sekali. Kamu membutuhkan extension ini, untuk mengumpulkan content, hanya yang kamu butuhkan, tanpa kehilangan alamat yang tadi kamu buka. Apa yang kamu cari, terkumpul sesuai dengan topik yang akan sedang kamu kerjakan. Ketika membaca kembali, konsentrasi kamu hanya membaca quote yang kamu butuhkan. Tidak perlu membaca-ulang semua artikel yang pernah kamu buka. Selain itu, urutan browsing dapat kamu atur-ulang, sesuai outline yang sudah kamu buat.

Kalau sekadar browsing dan mencari inspirasi, bisa memanfaatkan tags, karena pada prinsipnya, apa yang kamu kumpulkan sekarang, akan bisa kamu pakai lagi di tulisan lain. Tags adalah keyword atau kata-kunci. Semua hasil browsing, dengan tags yang sama, dapat kamu tampilkan dengan cepat.

Kamu membutuhkan Research Note (Beta), extension di Google Chrome yang memenuhi kebutuhan browsing untuk riset dan menulis. Tidak perlu lagi register. Yang lebih menarik, semua tersimpan di browser local, tidak ada yang di server online. Ini berarti, hanya kamu sendiri yang tahu apa yang kamu browsing. Bisa dibilang, tidak ada batasan berapa ratus URL dan gambar yang kamu simpan selama browsing.

Research Note (Beta) termasuk fitur eksklusif. Tidak tersedia sebagai aplikasi, hanya ada dalam bentuk Chrome extension. (Photo: Chrome Web Store)

Download Research Note (Beta)

Research Note (Beta) hanya tersedia sebagai Google Chrome extension.

Website Online Research Notes
https://OnlineResearchNotes.com

Research Note (Beta) Chrome Extension
https://chrome.google.com/webstore/detail/research-notes-beta/cadlpkhdkhlecgchhgaclpnbahfckppp

Fitur Utama Research Note (Beta)

Research Note (Beta)/memiliki fitur utama:

  • Menyimpan link yang kamu anggap bagus, selama browsing. Secara teknis, ini sama dengan Bookmark. Tidak berbeda dari RainDrop.io atau ketika kamu tekan Ctrl+D ketika browsing.
  • Menyimpan gambar. Ada ilustrasi atau foto bagus? Tinggal klik-kanan pada gambar itu, lalu pilih Save Image.
Install Research Note (Beta). Setelah itu, setiap ada content yang relevan sebagai bahan riset, tinggal seleksi, klik kanan, lalu simpan. Tidak perlu register, unlimited, dan apa yang kamu browsing sepenuhnya rahasia.
  • Menyimpan teks yang kamu sorot (highlight). Misalnya, ada artikel panjang, kamu hanya butuh 1 paragraf yang akan kamu simpan sebagai kutipan di tulisanmu. Tinggal sorot (lakukan seleksi), kemudian klik kanan dan Save Note. Nanti, pada hasil Research Note, hanya teks ini yang ditampilkan. Pikiran dan fokus kamu ke teks-terpilih ini, tanpa harus baca-ulang seluruh isi artikel yang pernah kamu baca.
  • Menambahkan catatan. Misalnya, setelah menyeleksi dan menyimpan 1 paragraf terpilih yang kamu temukan ketika browsing, kamu bisa tambahkan catatan khusus. Catatan ini bisa berisi penjelasan, ketidaksetujuan, dll. Dengan begini, kamu nanti bisa masukkan sebagai pertimbangan atau content di dalam tulisanmu.
  • Tambahkan tags. Setiap referensi, dapat kamu beri keyword untuk mengklasifikasikan hasil temuan kamu selama browsing. Nanti di keseluruhan hasil, kamu bisa tampilkan content sejenis, berdasarkan keyword yang sudah kamu buat.
Beda topik, bisa membuat buku catatan berbeda. Tambahkan “tags” agar lebih mudah kamu tampilkan berdasarkan tags (keyword). Apa yang kamu cari sekarang, bisa kamu pakai di topik lain.
  • Bisa membuat “buku catatan” dengan topik berbeda-beda. Misalnya, hari ini topik yang sedang kamu browsing itu tentang “cara menulis review buku”, masukkan ke topik yang kamu namai ” menulis revoew buku”. Besok, bisa menambahkan topik lain.
  • Privacy terjaga. Tidak ada catatan atau file yang tersimpan di server Research Note (Beta). Semua file tersimpan di browser. Hanya kamu yang melihat catatanmu sendiri.
Semua hasil browsing bisa ditampilkan bersama. Membaca tetap fokus, tanpa perlu mengulang membaca. URL dan content yang kamu sorot, tampak dalam 1 halaman. Bisa juga tampil sebagai tabel.
  • Kapasitas simpan, “tanpa batas”. Tergantung masih berapa ratus GB ruangan di laptop kamu, itulah yang tersedia.
  • Seluruh buku catatan bisa kamu lihat di 1 halaman.

Tugas berikutnya, tinggal memakai apa yang sudah kamu dapatkan, menjadi tulisan atau riset.

Research Note (Beta) bisa menjadi perangkat andalan untuk penelitian online. [dm]

Day Milovich

Webmaster, artworker, penulis, konsultan media, tinggal di Rembang dan Semarang.