in

Menulis Makalah Online dengan OneNote Web Clipper

Pernah browsing tetapi lupa di mana? Sudah 3 jam browsing rasanya hanya dapat sedikit bahan untuk belajar? Tidak lagi kalau memakai OneNote Web Clipper. 

OneNote Web Clipper
https://www.onenote.com/clipper

Fungsi OneNote Web Clipper untuk mengumpulkan bahan selama browsing.

OneNote Web Clipper memiliki 3 fungsi utama yang paling dibutuhkan: mengambil bahan dari internet, mengambil hanya yang terbaik, kemudian mengakses bahan itu dari mana saja (laptop, Android, browser).

Setelah berhasil terinstall di Chrome, ada pesan: “Congratulations! OneNote Web Clipper is ready to use.”

Kamu bisa simpan apa saja di OneNote: link, gambar, pdf, video, dan tentu saja teks, yang kamu temui ketika browsing. OneNote menjamin, semua yang terbaik dan kamu temui ketika browsing, terkumpul menjadi satu dalam 1 akun. Bisa diakses dari laptop, Android, perangkat mana saja.
OneNote cocok untuk mereka yang bekerja dikejar deadline, harus mengumpulkan makalah besok. Bagusnya lagi, OneNote bukan sekali selesai. Ketika mengumpulkan bahan untuk menulis, OneNote bisa diberi “catatan” dan hashtag, sehingga bisa dipakai lagi untuk kepentingan besok.

Misalnya, kita akan menulis makalah berjudul:

“Dampak Negatif COVID-19 terhadap Pendidikan di Indonesia”

Pertama, identifikasi masalah lebih dulu. Makalah ini mau berbicara tentang apa? Cara termudah adalah dengan memecah judul ini menjadi 2-3 keyword, yaitu: “covid-19”, “pendidikan di Indonesia”, dan “dampak negatif covid-19”. Dari sini, pasti ada gambaran, apa yang akan dicari. Dalam contoh ini, kita hanya mencari “dampak negatif terhadap..”. Fokus saja di situ.

Temukan Gagasan Utama

Jangan membuat asumsi dulu. Nanti kalau pas browsing, ada kemungkinan akan mendapat temuan baru. Yang penting, selalu berpikiran terbuka. Setidaknya, temukan gagasan utama yang “berbeda” dari kebanyakan ulasan di internet tentang dampak negatif covid-19 terhadap pendidikan.

Buat Outline

Kalau ada outline, akan lebih mudah mau mencari apa. Satu per satu, kumpulkan bahan yang berkaitan dengan outline yang sudah kamu tuliskan.

Mulai Browsing dan Kumpulkan Bahan Menulis Makalah dengan OneNote Web Clipper

Search di Google: dampak negatif covid-19 terhadap pendidikan
Cari hanya link yang kamu anggap ilmiah, seperti jurnal kampus atau media ternama.

Kita temukan link ilmiah. Bukan listicle tanpa referensi, harus bahan yang kita anggap ilmiah, seperti: journal, media berita.

Misalnya, kita menemukan link ini:

https://metro.tempo.co/read/1391861/dampak-negatif-dan-positif-pembelajaran-jarak-jauh-selama-pandemi-covid-19

Sebagian teks yang ada di berita itu, kita masukkan ke dalam catatan di OneNote.

Pilih teksnya > klik kanan > Clip selection to OneNote

Extension OneNote akan menandai pilihan tersebut, untuk dimasukkan ke OneNote.

Apa yang sudah kita clip tadi, akan masuk di OneNote, seperti ini:

Ulangi sampai kamu merasa mendapatkan bahan yang cukup.

Sesuaikan dengan outline yang sudah kamu buat. Bisa jadi, apa yang kamu tuliskan di outline, berbeda dari apa yang kamu temukan di lapangan.

Sampai akhirnya kamu mendapatkan bahan yang relevan, lengkap, dan mendukung gagasanmu.

Perhatikan. Kolom yang tengah adalah item di dalam outline yang sudah kamu buat di kertas. Kumpulkan sampai semua yang di outline sudah siap bahannya. Setelah itu, tuliskan di Microsoft Word. [dm]

Day Milovich

Webmaster, artworker, penulis, konsultan media, tinggal di Rembang dan Semarang.