in

PPDB Online Hari Pertama Error, Begini Tanggapan Dinas Pendidikan

SEMARANG (jatengtoday.com) – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat SMA dan SMK negeri di Jateng mengalami masalah di hari pertama, Rabu (17/6/2020). Banyak calon siswa yang tidak bisa mengakses.

Kepala Dinas Pendidikan Jateng, Jumeri menjelaskan, gangguan pendaftaran PPDB online ini bukan karena masalah teknis jaringan. Tapi karena kuota verifikasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil (Dispermadesdukcapil) Jateng yang tidak menampung.

“Karena untuk jalur zonasi, prestasi, dan afirmasi, butuh verifikasi. Kalau dulu verifikasinya faktual. Sekarang langsung mengakses datanya ke Dispermadesdukcapil di bawah Kemendagri,” ucapnya, Rabu (17/6/2020).

Karena proses verifikasi online ini, pendaftaran PPDB jadi terganjal.  Pihaknya telah menyediakan kuota sebanyak 300 ribu setiap hari selama masa pendaftaran.

“Berarti hari ini ada lebih dari 300 ribu yang mendaftar. Baru dibuka dua jam, atau sekitar pukul 10.30 tadi pagi, sudah jebol. Jadi ini bukan karena hang,” tandasnya.

Sebagai antisipasi, pihaknya telah berkomuniaksi dengan Kepala Dispermadesdukcapil Jateng, untuk meminta tambahan kuota, khusus hari ini.

“Kami sudah minta tambahan 1 juta kepada Kemendagri untuk hari ini. Besok sudah kembali kuotanya ke 300 ribu lagi,” imbuhnya.

Meski besok kembali ke kuota awal, Jumeri optimistis, gangguan seperti ini tidak akan terjadi lagi. Pasalnya, tahun ini hanya ada 508 ribu lulusan SMP/MTs di Jateng.

“Jadi kalau hari ini sudah ada separo yang mendaftar, besok bisa lancar,” harapnya.

Lebih lanjut, Jumeri menjelaskan, over kuota yang terjadi di hari pertama PPDB online ini terjadi karena masyarakat masih beranggapan bahwa sistem pendaftatan tahun ini masih seperti tahun lalu.

“Mungkin masih beranggapan pendaftarannya cepat-cepatan. Padahal kan tidak. Jadi kami minta masyarakat untuk tidak panik dalam mendaftar SMA atau SMK,” tandasnya.

Seperti diketahui, jadwal pendaftaran PPDB online SMA/SMK negeri di Jateng dibuka 17 Juni 2020 mulai pukul 08.00 hingga 25 Juni 2020 pukul 16.00. Sementara evaluasi dan seleksi akan dilakukan pada 26-29 Juni 2020, pengumuman hasil seleksi pada 30 Juni 2020 selambatnya pukul 23.55, dan daftar ulang pada 1-8 Juni 2020. (*)

editor: ricky fitriyanto

Ajie MH.