in

Persik vs PSIS: Penalti Renan Silva Gagalkan Kemenangan Mahesa Jenar

Kehilangan Gali Freitas cukup berpengaruh terhadap daya gedor Mahesa Jenar dari sisi sayap.

Taisei Marukawa mencetak satu gol saat PSIS bermain imbang dengan tuan rumah Persik Kediri, Jumat (25/8/2023). (foto: dokumentasi PSIS Semarang)

KEDIRI (jatengtoday.com) – PSIS Semarang harus puas bermain imbang 1-1 saat menghadapi tuan rumah Persik Kediri di Stadion Brawijaya, Jumat (25/8/2023). Taisei Marukawa sempat memberi keunggulan Mahesa Jenar sebelum penalti Renan Silva menyelamatkan Macan Putih dari kekalahan.

Memainkan pekan ke-10 BRI Liga 1 2023/2024, PSIS tidak bisa menampilkan kekuatan terbaik. Kiper Adi Satryo, Luthfi Kamal dan Gali Freitas harus menjalani hukuman, sedangkan Alfeandra Dewangga dan Haykal Alhafiz bertugas untuk Timnas Indonesia U-23.

Kehilangan Gali Freitas cukup berpengaruh terhadap daya gedor Mahesa Jenar dari sisi sayap. Wawan Febrianto yang menggantikan peran winger Timor Leste itu tidak cukup merepotkan pertahanan tuan rumah.

Permainan ofensif yang diperagakan Persik memaksa PSIS lebih banyak bertahan di awal babak pertama. Tuan rumah mendapat peluang emas di menit ke-14 ketika Flavio Silva tinggal berhadapan dengan kiper. Namun striker Persik gagal melewati adangan penjaga gawang Rizky Darmawan.

Tim tamu yang mengandalkan serangan balik berhasil mencuri gol di menit ke-34. Lucas Gama melepaskan umpan panjang ke pertahanan Macan Putih dan berhasil menjangkau Taisei Marukawa. Winger PSIS dengan cerdik mengelabui dua pemain Persik dan melepaskan sepakan ke pojok kanan gawang untuk menaklukkan Kurniawan Kartika Ajie.

Tuan rumah tetap bermain agresif di babak kedua. Percobaan Renan Silva di menit 58 masih terlalu mudah untuk Rizky Darmawan.

Tiga menit berselang, Persik berhasil mencetak gol. Lemparan Yusuf Meilana dari sisi kanan pertahanan Mahesa Jenar meluncur masuk ke dalam gawang. Tapi wasit menganulir gol tersebut karena tidak ada sentuhan dari pemain lain sebelum bola masuk ke gawang.

Persik baru bisa mencetak gol penyeimbang di menit ke-70. Wasit memberi hadiah tendangan penalti kepada tuan rumah setelah sundulan Riyanto Abiyoso terkena tangan Wahyu Prasetyo. Eksekusi Renan Silva sebenarnya bisa terbaca Rizky Darmawan tapi bola tetap meluncur masuk meski sempat ditepis kiper.

Gol Persik melecut pemain-pemain PSIS. Anak asuh Gilbert Agius menciptakan beberapa peluang berbahaya, salah satunya melalui Taisei Marukawa di menit ke-73. Percobaan Marukawa dari dalam kotak penalti masih melambung. Dua menit kemudian, Septian David Maulana melepaskan tembakan keras tapi mampu diblok kiper.

Lemparan Yusuf Meilana lagi-lagi memberikan ancaman buat PSIS. Kapten Persik mengirim bola ke area penalti dan berhasil disundul Muhammad Khanafi. Namun Rizky Darmawan melakukan penyelamatan gemilang untuk mencegah tuan rumah mencetak gol di menit 83.

Pemain pengganti Riyan Ardiansyah nyaris mencetak gol kemenangan buat PSIS di akhir babak kedua. Lepas dari perangkap offside, Riyan tidak mampu menaklukkan Kartika Ajie ketika tendangannya ditepis kiper Persik.

Skor 1-1 bertahan hingga akhir pertandingan. Tambahan satu poin belum mampu mendongkrak PSIS dan tertahan di peringkat kelima dengan poin 15, sedangkan Persik belum beranjak dari peringkat ke-11 dengan 12 poin.

Susunan Pemain

Persik Kediri: Kurniawan Kartika Ajie–Agil Munawar/Rangga Widiansyah (66′), Anderson Nascimento, Hamra Hehanusa/Gunawan Dwi Cahyo (72′), Yusuf Meilana; Krisna Bayu Otto, Rohit Chand; Faris Aditama/Riyatno Abiyoso (66′), Renan Silva, Supriadi/Miftahul Hamdi (81′); Flavio Silva/Mohammad Khanafi (46′)
PSIS Semarang: Rizky Darmawan –Bayu Fiqri/Fredyan Wahyu Sugiantoro (80′), Wahyu Prasetyo, Lucas Gama, Giovani Numberi; Tri Setiawan/Delfin Rumbino (63′), Boubacary Diarra; Wawan Febrianto/Riyan Ardiansyah (64′), Septian David Maulana, Taisei Marukawa; Carlos Fortes/Gian Zola (88′)
(*)
Tri Wuryono