in

PSIS dan Taisei Marukawa Akhiri Kerjasama Lebih Cepat

Keputusan melepas Marukawa merupakan imbas dari regulasi baru di kompetisi Liga 1 2024/2025.

Taisei Marukawa saat pembukaan PSIS Store di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. (foto: jatengtoday.com)

SEMARANG (jatengtoday.com) – PSIS Semarang kembali melepas pemain asing jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 2024/2025. Terbaru, klub berjulukan Laskar Mahesa Jenar mengakhiri kerja sama dengan Taisei Marukawa setelah lebih dulu melepas Lucas Gama.

Chief Executive Officer (CEO) PSIS Yoyok Sukawi mengatakan, keputusan melepas Marukawa merupakan imbas dari regulasi baru di kompetisi Liga 1 2024/2025.

Sesuai regulasi tersebut, jumlah pemain asing Asia yang hanya boleh dimainkan di starting XI berjumlah 1 orang dan apabila memasukkan pemain asing Asia, pemain asing Asia yang berada di lapangan juga harus ditarik keluar.

“Di PSIS ada Gali Freitas. Maka setelah diskusi dan dipertimbangkan dengan matang, maka PSIS dan Taisei sepakat untuk tidak melanjutkan kerja sama dan Taisei keluar dengan skema transfer fee,” kata Yoyok Sukawi, Selasa (18/6/2024).

Taisei Marukawa pun juga mengungkapkan bahwa keputusan ini diambil dengan diskusi yang panjang dan matang antara kedua belah pihak.

“Di sini saya ingin berkata bahwa karir sepak bola harus terus berlanjut dan merupakan hal yang wajar sebagai seorang pemain dan klub saling berpisah,” ungkap Marukawa.

Baca juga: Taisei Marukawa Perpanjang Kontrak di PSIS sampai 2025

Padahal, pemain terbaik Liga 1 2021/2022 itu masih memiliki kontrak dengan PSIS hingga 2025. Sebelumnya, kedua kubu sepakat menambah durasi kerja sama selama dua tahun pada Maret 2025 silam.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh manajemen, tim pelatih, official, teman-teman pemain, suporter atas kesempatan bermain di PSIS selama dua tahun. Sebuah kehormatan untuk saya bisa bermain di PSIS dan semoga di lain waktu dapat bertemu kembali,” tandas Taisei.

Taisei Marukawa di Liga 1 2023/2024 memainkan 30 pertandingan dan mencetak 4 gol selama satu musim. Sejak bergabung bersama PSIS, Marukawa memainkan 63 pertandingan di Liga 1 dengan mencetak 11 gol dan 18 assist.

Perombakan Besar-besaran

Manajemen PSIS Semarang melakukan perombakan besar-besaran jelang kompetisi Liga 1 2024/2025 yang dijadwalkan bergulir mulai Agustus. Sejumlah pemain pilar yang musim sebelumnya membawa klub finish di peringkat keenam justru dilepas.

Taisei Marukawa dan PSIS Semarang sepakat mengakhiri kerja sama lebih cepat. (foto: dokumentasi PSIS Semarang)

Dua pemain belakang, Wahyu Prasetyo dan Fredyan Wahyu Sugiyantoro tidak diperpanjang kontraknya yang kemudian berlabuh di klub promosi Malut United.

Duet Wahyu Prast di jantung pertahanan, Lucas Gama juga dilepas setelah kontraknya berakhir. Bahkan PSIS sudah menjual Carlos Fortes sejak awal putaran kedua musim lalu. (*)

Tri Wuryono