in

Persebaya vs PSIS: Mahesa Jenar Diimbangi Bajul Ijo 1-1

Gol Taisei Marukawa bisa dibalas Andre Octaviansyah dan membuat Mahesa Jenar gagal menggusur Persib Bandung.

Taisei Marukawa mencetak satu-satunya gol PSIS saat dijamu Persebaya di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Selasa (30/1/2024). (foto: dokumentasi PSIS Semarang)

SURABAYA (jatengtoday.com) – PSIS Semarang hanya mampu bermain imbang 1-1 saat melakoni laga tunda pekan ke-20 BRI Liga 1 melawan Persebaya Surabaya, Selasa (30/1/2024). Gol Taisei Marukawa bisa dibalas Andre Octaviansyah dan membuat Mahesa Jenar gagal menggusur Persib Bandung.

Bermain di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, PSIS Semarang justru lebih menguasai permainan di awal pertandingan. Sundulan Gali Freitas di menit ke-16 nyaris memberikan keunggulan buat Mahesa Jenar tapi bola menerpa tiang gawang dan tidak mampu diteruskan oleh Carlos Fortes.

Tim tamu berhasil memimpin lebih dulu di menit ke-20 lewat sontekan Taisei Marukawa. Diawali tendangan keras Vitinho yang gagal ditangkap kiper Andhika Ramadhani dan bola muntah langsung disambar Marukawa untuk menjebol gawang mantan timnya.

Namun keunggulan PSIS Semarang hanya bertahan 8 menit setelah Andre Octaviansyah mampu mengecoh Adi Satryo. Gol ini berawal dari kegagalan Boubakary Diarra mengontrol bola umpan dari Adi Satryo yang berhasil diserobot Andre Octaviansyah.

Selepas gol tersebut, tuan rumah lebih banyak menghasilkan peluang. Salah satunya melalui sepakan Bruno Moreira di menit ke-36 yang masih mengarah ke kiper.

Persebaya tampil lebih agresif di babak kedua yang membuat PSIS dalam tekanan. Skuad besutan Paul Munster berkali-kali mengancam gawang Mahesa Jenar lewat kombinasi Bruno Moreira, Paulo Henrique dan Robson Duerte.

Tim berjulukan Bajul Ijo itu bahkan hampir berbalik unggul di menit 64. Lewat skema serangan balik, Muhammad Hidayat bisa melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti tapi ditepis Adi Satryo. Bola rebound kemudian diteruskan oleh Robson Duerte dan lagi-lagi dimentahkan kiper PSIS.

Tuan rumah kembali menebar ancaman lewat sepakan M Iqbal di menit 82 namun belum tepat sasaran. Peluang terbaik diperoleh Bruno Moreira di menit 86 ketika sepakannya berhasil mengecoh Adi Satryo tapi bola mampu dihalau Alfeandra Dewangga tepat di garis gawang.

PSIS nyaris mencetak gol di detik-detik terakhir pertandingan melalui Riyan Ardiansyah. Pemain yang menggantikan Taisei Marukawa ini melepaskan tendangan melengkung yang gagal dijangkau Andhika Ramadhani namun bola masih terkena tiang kiri gawang.

Skor 1-1 tidak berubah hingga akhir pertandingan. Hasil tersebut belum cukup membawa PSIS Semarang menggusur Persib Bandung di peringkat ketiga. Saat ini Carlos Fortes dkk tertahan di peringkat keempat dengan poin 39, tertinggal satu angka di bawah Maung Bandung.

Tri Wuryono