in

Ikut Meriahkan Natal, Sanggar Greget Semarang Suguhkan Enam Tari

Tari Mahendra Krida yang disuguhkan Sanggar Greget Semarang untuk memeriahkan Natal. (tangkapan layar Yotube Sanggar Greget)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Sanggat Greget Semarang menyajikan enam tari untuk memeriahkan perayaan Natal tahun ini.

Keenam tari tersebut adalah Tari Bebek, Tari Keong, Tari Angsa, Tari Belalang, Tari Tri Mastuti, serta Tari Mahendra Krida.

Sanjian untuk memeriahkan Natal ini diunggah di kanal Youtube ‘Sanggar Greget’, Sabtu (25/12/2021).

Pengasuh Sanggar Greget, Yoyok Bambang Priyambodo menuturkan, secara garis besar, rentetan tarian tersebut menggambarkan mengenai kebesaran Sang Pencipta.

“Dunia ini tidak hanya dihuni manusia saja, tumbuhan dan hewan. Hewan kecil sekalipun, seperti keong dan belalang. Karena itu, di Natal ini, kita bisa kembali untuk saling peduli dengan kasih sayang,” ucapnya.

Nilai-nilai tanggung jawab yang menjadi salah satu momen Natal, digambarkan lewat Tari Mahendra Krida.

Ketua sekaligus pelatih Sanggar Greget Semarang, Sangghita Anjali menjelaskan, Tari Mahendra Krida merupakan susunan pengembangan tari kreasi tradisi gaya Surakarta dan Yogyakarta yang dikembangkan menjadi gerak pesisiran bentuk putra gagah, bertanggung jawab, serta penuh dedikasi.

“Natal bisa jadi momen refleksi. Sejauh mana kita bertanggung jawab kepada sesama. Semoga momen Natal ini bisa membawa kita menjadi pribadi yang lebih baik, lebih perkasa menghadapi tantangan,” paparnya.

Sementara Tari Tri Mastuti, lanjutnya, bercerita mengenai sosok gadis Jawa yang selalu Mastuti.

“Tri artinya anak ketiga, sedangkan Mastuti berarti menuruti dan taat arahan orang tua. Rajin belajar, tekun beribadah. Intinya menjadi gadis seperti yang diharapkan orang tua, guru bangsa, dan negara,” paparnya.

Sebelumnya, Sanggar Greget juga menyajikan sejumlah tari saat memeringati Hari Ibu, 22 Desember 2021 lalu.(*)


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.