in

Peringati Hari Pahlawan, Sanggar Greget Semarang Suguhkan Tari Kusuma Bangsa

SEMARANG (jatengtoday.com) – Memeringati Hari Pahlawan, Sanggar Greget Semarang menyajikan Tari Kusuma Bangsa. Tari tersebut diunggah di kanal Youtube @SanggarGreget, Jumat (10/11/2023).

Tarian Karya maestro Yoyok Bambang Priyambodo ini dibawakan penari dari Sanggar Greget yaitu Benita, Fairuz, Deva, Anggun, Maulida, Alya, Rachel, dan Nabila.

“Ini merupakan tari kreasi tradisi  yang bertemakan keprajuritan dan lahir atas inspirasi dari semangat para pahlawan yang berjuang tanpa pamrih dan tidak ada kepentingan pribadi serta kepentingan golongan tertentu. Tarian ini bertekstur kepahlawanan dengan koreografi garis yang lugas, tegas dan lurus serta gagah,” ucap pria yang akrab disapa Mas Yok ini.

Sebagai Seniman dan Budayawan sekaligus Penari Kenamaan asal Semarang ini menambahkan bahwa sebagai wujud kontribusi kepada Tanah Air, Bangsa dan Negara Republik Indonesia atas gelar yang disandangnya.

Karena itu, Mas Yok berharap bahwa tarian ini bisa ikut berpartisipasi untuk melahirkan motivasi bagi Generasi Milenial dalam menghargai jasa para pahlawan dalam mengimplementasikan perjuangan dalam sebuah nilai emansipasi dan partisipasi.

“Diharapkan anak-anak muda sekarang bisa mempertahankan, menjaga, serta menanamkan jiwa Patriotik agar terus berbenah untuk kemajuan kesejahteraan rakyat dan menegakakan supremasi hukum dengan dasar adanya kepastian hukum, penegakan hukum, dan kemanfaatan hukum yang benar-benar diwujudkan,” paparnya.

Kepiawaian para penari dalam menampilkan gerak- gerak ritmis dengan balutan  busana rias yang didesain oleh Tri Narimastuti bersama Ratu Gayatri dan diiringi suara Gamelan susunan Canadian Mahendra serta olah kanuragan yang menggunakan senjata seperti Cundrik dan Gendewa Panah dengan penuh dedikasi.

“Tari Kusuma Bangsa merupakan spirit kepahlawanan dalam introspeksi diri guna mewujudkan kaum muda yang ber-intregritas, selalu berfikir positif yang tetap terbingkai adanya nilai kontekstualisasi generasi dalam berjuang membangun bangsa ke depan yang lebih baik,” tandas Sangghita Anjali selaku Pimpinan Produksi sekaligus Ketua Sanggar Greget Semarang. (*)

Ajie MH.