in

Menciptakan Waktu Luang

Pegawai Google ini tahu cara ciptakan waktu luang, setelah lakukan 87 percobaan, agar hidup bisa lebih seimbang.

ilustrasi drawing orang pegang jam pasir
Time management, business concept. Young smiling businesswoman girl clerk manager cartoon character standing with sand glass clock and looking at camera. Work delay or project deadline illustration.

Hidup tidak memiliki tombol reset. Tidak mungkin tiba-tiba tugas kamu lenyap dalam semalam. Terapkan perubahan kecil untuk mendapatkan lebih banyak kendali atas hidup kamu.

Tujuan “Make Time” bukan mengosongkan kalender tetapi menemukan keseimbangan dan lebih menikmati hidup kamu.

Kalender penuh tugas. Setiap orang bilang, “Saya sedang sibuk..”.

Masalahnya, mengapa tidak mencapai banyak hal, kalau memang sibuk? Project “sekarang”, macet nanti. Sudah sibuk, tetap saja hasil pekerjaan tidak optimal. Semacam kepastian buruk, karena kita  jarang memikirkan cara kita menciptakan waktu luang.

Bagaimana cara menciptakan waktu luang?

Lihat dulu, apa yang menyebabkan orang menjadi sibuk.

Orang Menjadi Sibuk Karena..

1. Busy Bandwagon

Produktif dianggap identik dengan memanfaatkan waktu.

Budaya sibuk tanpa akhir, sengaja memenuhi kalender, dan membiarkan surat menumpuk di kotak-masuk. Sampai tidak punya waktu-luang. Ini berubah menjadi pengaturan default. Sibuk menjadi harus kelihatan sibuk. Hasilnya, belum tentu optimal. “Bekerja sibuk” menjadi lawan-kata dari “bekerja pintar” (smart working).

2. Infinity Pool

“Infinity pool” artinya gangguan berkelanjutan berupa kesenangan yang tanpa-henti, namun hasilnya justru bertentangan dengan fokus kamu. Misalnya, kamu memilih menulis paper kuliah di kafe wifi, ternyata di sana ada kawan-kawan yang mengajak bercanda dan bermain game, akhirnya 4 jam lebih sudah lewat tetapi kamu tidak ingin berhenti bermain dan bercanda. Atau scroll medsos.

Ini yang membuat kita sulit mengalihkan perhatian. “Besok tidak ada acara? Bisa kita ketemu 2 jam? Kapan ada hari luang, mari ketemu.”. Selalu ada ajakan seakan-akan hidup ini begitu indah, enjoy, tetapi ternyata fokus kita hancur karena terjebak di “infinity pool”.

Waktu sebagai Jalan Keluar

Waktu adalah jalan keluar. Putuskan, mau fokus melakukan apa dan bagaimana mendapatkan energi untuk melakukan itu.

Jake Knapp (bekerja di Google) memulai “sprint desain”, ia mendesain-ulang minggu kerja ketika tim hanya fokus pada penyelesaian satu masalah dengan mengikuti daftar aktivitas tertentu.

Make Time (Menciptakan Waktu Luang) – Jake Knapp, John Zeratsky. Pegawai Google ini mengerti cara ciptakan waktu luang, agar orang bisa kembali mencapai keseimbangan hidup. Buku ini cocok untuk mereka yang merasa selalu tidak punya waktu. (Credit: Amazon)

Make Time: How to Focus on What Matters Every Day Edisi Paperback – September 25, 2018. 

4 Langkah Menciptakan Waktu Luang

Jake Knapp dan John Zeratsky membuat 4 langkah harian untuk meluangkan waktu.

1. Pilih 1 sorotan mau fokus melakukan apa.

Sorotan ini akan menjadi prioritas pertama. Jalan agar pikiran menjadi proaktif dan positif. “Percayalah pada sorotan kamu: Ini layak untuk diprioritaskan daripada gangguan acak.”

2. Mode laser untuk mengatasi gangguan.

Tidak mungkin menghindari gangguan. Pilihan terbaik adalah mengakhiri “siklus reaksi” dengan mendesain-ulang cara kamu menggunakan teknologi. Kendalikan reaksi kamu ketika memakai teknologi.

3. Isi pikiran dengan tidur, makanan sehat, berolahraga, dan waktu tatap-muka.

Hindari aktivitas yang merusak energi. Terakan shift (giliran) sederhana untuk mendapatkan energi.

4. Menulis catatan sebelum tidur.

Besok mau apa. Kamu sudah melakukan apa. Jangan rencanakan apa yang akan kamu kerjakan hari ini, pada pagi hari. Rencanakan “kemarin” apa yang akan kamu kerjakan “hari ini”.

Sistem harian ini dapat mengkondisikan rutinitas, kebiasaan, pikiran, tubuh, pririotas, dan tujuan spesifik kita.

Cara Membuat Sorotan (Highlight)

1. Pilih hanya yang harus diselesaikan, sesuatu yang penting dan mendesak. Tentukan, mana yang menurutmu paling penting? Buatlah prioritas. Jangan anggap semuanya penting.

2. Pilih yang paling memuaskan. Hal yang bisa membuatmu mencapai sesuatu, berbeda dari kemarin. Kecualikan aktivitas mendesak, cari proyek yang rentan terhadap penundaan dan tidak peka waktu.

3. Pilih yang kamu suka. Tidak perlu mengoptimalkan setiap jam. Ceria dan tidak terlalu reaktif itu penting.

Sorotan yang utama, biasanya harus dilakukan 60-90 jam. Sorotan bisa kamu buat sewaktu-waktu. Kerjakan hal lain. Jika yang kamu pilih tidak berhasil, sesuaikan dengan kondisi. Lanjutkan yang kemarin, jika belum selesai.

Sorotan merupakan prioritas penting. Tunda yang lain, atau masukkan ke dalam antrian -setelah- sorotan utama kamu selesai.

Mengapa “Infinity Pool” Selalu Memikat?

  1. Para pekerja teknologi sangat menyukai pada apa yang mereka buat. Selalu ada yang lebih baru dan lebih cepat.
  2. Ada perbaikan pada “teknologi ini”.
  3. Peningkatan atau fitur baru mendorong kompetitor untuk meningkatkan permainan mereka.
  4. Teknologi memanfaatkan otak “manusia gua” kita – berevolusi menjadi tidak dapat dilacak agar tetap aman. Pikiran menyukai misteri, cerita, dan hadiah tak terduga yang kami dapatkan dari notifikasi ponsel cerdas.

Masalah Datang dari Layar Kamu

Kita mendapatkan gangguan yang membuat ketagihan dan kekuatan super futuristik di semua layar. Seiring peningkatan teknologi, kekuatan super kita akan menjadi lebih dingin dan mesin akan terus mencuri perhatian dan waktu kita.

Kembalikan perhatian dengan mengendalikan reaksi kamu ketika memakai teknologi.

Kosongkan selalu email (zero inbox). Matikan notifikasi ketika sedang bekerja. Nikmati pikiran segar, seperti ketika bangun tidur, lebih lama. Masuk sebentar, lalu keluar.

Makanan dan Bergerak

Jika kita ingin tubuh dan otak kita memiliki energi yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan modern, kita perlu kembali ke dasar dan bertindak seperti manusia gua: makanan sehat, menjaga energi, dan masih punya waktu untuk bersenang-senang.

Bergerak bisa membuat tubuh lebih segar.

Tidak harus mengubah pola makan sepenuhnya. Hindari makanan palsu dan kembalilah memakan makanan asli: daging, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran.

Kopi Tidak Sehebat Itu Meningkatkan Energi

Orang mudah kecanduan kopi ketika istirahat. Kopi tidak benar-benar meningkatkan tingkat energi. Kafein dalam kopi hanya mencegah penurunan energi karena kantuk, yang disebabkan molekul adenosin. Ryan Brown, seorang ahli kopi, merekomendasikan: minum kopi antara 09.30-10.30 AM dan antara 1.30-2.30 AM.
Meditasi dapat menghilangkan stres dan meningkatkan fokus. Efeknya tidak bisa kamu lihat secara langsung. Perlu latihan rutin dan mendalam.

Berhentilah menyabotase waktu-tidur kamu sendiri dengan mengutak-atik ponsel.

Agar Waktu-Tidur Kamu Tanpa Gangguan

Lakukan refleksi dalam 4 langkah:

1. Amati apa yang terjadi;
2. Prediksi apa yang akan terjadi;
3. Buktikan hipotesis kamu benar atau salah; dan
4. Lacak hasilnya.

Refleksi adalah metode ilmiah yang cukup sederhana dan terdiri dari empat langkah: peringatan yang terjadi, memprediksi atau menebak yang terjadi seperti itu, membuktiktikan hipotesis kamu benar atau salah.

Buku ini melakukan 87 percobaan untuk menguji hipotesis fokus laser dan energi.

Cara termudah mengumpulkan data atau di buku catatan: mengukur hasil eksperimen pribadi kamu.

Tulis daftar hal terpenting. Pilih 1 sorotan. Fokus pada sorotan itu, setiap hari.
Tingkatkan peluang untuk masuk ke mode laser dengan menghapus ketagihan di ponsel. Jangan kendalikan reaksi kamu dengan notifikasi. [dm]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.