in

Launching PPDB, Siswa MA Darul Ulum Unjuk Gigi di Panggung Seni

Pemberdayaan siswa itu tidak melulu tentang akademik, tetapi juga bagaimana memberi mereka ruang imajinasi dan kreativitas.  

Launching Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Madrasah Aliyah (MA) Darul Ulum Semarang, diramaikan panggung seni dan bazar UMKM, Sabtu (14/10/2023). (ist)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Ratusan orang berbondong-bondong menyambangi halaman Madrasah Aliyah (MA) Darul Ulum Kota Semarang yang terletak di Jalan Raya Anyar Wates, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, pada Sabtu (14/10/2023) pagi.

Usai mengikuti jalan sehat, mereka menyambangi puluhan tenant atau stand Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) baik dari siswa maupun warga sekitar yang meramaikan event bazar tersebut.

Selain bazar, para siswa, guru, tamu undangan maupun warga sekitar dihibur panggung seni siswa dengan mendatangkan bintang tamu Komedian asal Jepara Sugiarto, YouTubers Bryan X, pertunjukan Teater Beta, Band Beta UIN Walisongo dan Fandi Biola.

Sejumlah produk UMKM yang diprakarsai oleh para siswa dan warga sekitar meramaikan bazar di MA Darul Ulum, Ngaliyan, Semarang. (ist)

Kepala Sekolah MA Darul Ulum, Hadi Suprayitno mengatakan ini untuk pertama kalinya melaksanakan launching Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online dan offline tahun pelajaran 2024/2025 dengan mengadakan kegiatan bazar dan panggung seni.

“Launching PPDB ini sebagai upaya untuk memperkenalkan MA Darul Ulum ke masyarakat dan publik,” katanya.

Dikatakannya, tenant atau stand UMKM yang mengisi bazar tersebut merupakan kolaborasi siswa-siswi MA Darul Ulum dari setiap kelas dan beberapa UMKM warga sekitar.

“Produk yang dijual sebagian besar adalah hasil olahan yang meliputi makanan berat, makanan ringan, minuman hingga aneka baju,” katanya.

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa. Kreativitas wirausaha ini penting agar siswa memiliki bekal kemandirian di tengah masyarakat.

“Melalui kegiatan seperti ini, kami berupaya mensosialisasikan ke khalayak ramai, bahwa siswa MA Darul Ulum di Kelurahan Wates ini mampu bersaing. Mereka memiliki skill dan berbagai keahlian,” katanya.

Pertunjukan teater di panggung seni MA Darul Ulum, Ngaliyan, Semarang, Sabtu (14/10/2023). (ist)

Ketua PPDB MA Darul Ulum, Hammam menjelaskan pelayanan PPDB kali ini dilaksanakan secara hybrid yakni online dan offline. “Layanan PPDB Online memungkinkan siswa dan orang tua mengurus administrasi pendaftaran tanpa harus hadir secara fisik di sekolah. Sehingga lebih memudahkan proses pendaftaran masuk sekolah,” katanya.

Launching PPDB kali ini sekaligus mengangkat berbagai potensi siswa. Menurutnya, pemberdayaan siswa itu tidak melulu tentang akademik, tetapi juga bagaimana memberi ruang imajinasi dan kreativitas.

“Ada pertunjukan teater, puisi, tari, musik dan stand up comedy. Biarkan mereka bebas berekspresi dan mengimajinasikan apa yang terlintas di memori pengetahuannya. Kami hanya memfasilitasi agar mereka belajar secara menyenangkan,” ungkapnya. (*)

Abdul Mughis