in

Kongres PSSI Jawa Tengah Sahkan 5 Anggota Baru

Asprov PSSI Jawa Tengah menjadi satu-satunya yang mampu menjalankan kewajiban hingga paripurna.

Ketua Asprov, Yoyok Sukawi memberikan keterangan terkait Kongres Biasa PSSI Jawa Tengah 2023 di UTC Convention Hotel Semarang, Sabtu (17/6/2023). (foto: jatengtoday.com)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Asosiasi Provinsi PSSI Jawa Tengah menetapkan lima anggota baru dalam Kongres Biasa (Ordinary Congress) 2023. Kongres yang berlangsung di UTC Convention Hotel Semarang, Sabtu (17/6/2023) tersebut juga memaparkan sejumlah program kerja asosiasi setahun ke depan.

Ketua Asprov PSSI Jateng, AS Sukawijaya atau Yoyok Sukawi mengapresiasi kinerja jajaran dan dukungan Askot/Askab yang menjadikan Jawa Tengah sebagai satu-satunya asosiasi yang sukses menggulirkan kompetisi hingga tuntas.

“Asprov PSSI Jawa Tengah menjadi satu-satunya yang mampu menjalankan kewajiban hingga paripurna. Pada tataran kompetisi mulai Liga 3, Piala Soeratin U-17, U-15, U-13, Liga SSB, Liga Santri, Kualifikasi Porprov, hingga Piala Pertiwi semua tuntas. Ini luar biasa,” kata Yoyok Sukawi.

Mantan anggota Exco PSSI ini mengakui banyak tantangan yang dihadapi di tahun 2022. Namun hal itu tidak menyurutkan semangat dan komitmen asosiasi untuk memajukan sepak bola di Jawa Tengah.

“Di balik semua kesulitan seperti larangan penonton kita tetap jalan, tidak diperbolehkan main di beberapa daerah kita carikan solusi agar tetap jalan. Hal tersebut juga tak lepas komitmen bersama yang luar biasa dari Askab/Askot serta klub anggota di Jawa Tengah. Saya berharap pada tahun 2023 ini rencana yang kita persiapkan akan lebih baik dari tahun sebelumnya,” ujarnya.

Dalam pemaparannya Yoyok Sukawi menyampaikan beberapa agenda penting yang dibahas dalam Kongres Tahunan PSSI Jateng. Pertama laporan aktivitas program Asprov PSSI Jawa Tengah Tahun 2022, kedua rencana program Asprov PSSI Jawa Tengah Tahun 2023. Ketiga, penetapan anggota baru Asprov PSSI Jawa Tengah.

Ada lima anggota baru yang disahkan dalam kongres tersebut, yaitu Perwira Timur Football Academy (Purbalingga), Disa Putra FC Semarang, Bina Sentra Semarang, Tugu Muda FC Semarang dan Al Mu’an Putra Salatiga.

Kongres Biasa PSSI Jawa Tengah di UTC Convention Hotel Semarang, Sabtu (17/6/2023). (foto: jatengtoday.com)

Sementara, anggota Exco PSSI Pusat, Kairul Anwar mengapresiasi komitmen dan kerja keras pembinaan atlet di Jawa Tengah. Menurutnya, Jawa Tengah sudah menjadi barometer pembinaan atlet sepak bola.

“Terbukti Jawa Tengah mengirimkan 5 atletnya pada SEA Games cabor sepak bola di Kamboja. Hal tersebut tak lepas dari peran Askab, Askot serta klub yang berada di Jawa Tengah selama ini. Tentunya PSSI melalui Asprov juga berharap pembinaan usia muda yang sudah berjalan ini harus tetap dijalankan dan lebih masif lagi tentunya,” ucapnya.

Lebih lanjut Kairul Anwar berharap Asprov PSSI Jawa Tengah mampu menyelaraskan dengan program-program dari PSSI Pusat. Di antaranya terkait transparansi keuangan dan pembinaan usia dini. Selain itu juga soal sepak bola wanita.

“Sepak bola wanita ini aset, sehingga harus diperjuangkan agar menjadi program PSSI. ASBWI (Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia) Jawa Tengah sudah mengawali sehingga harus dilanjutkan,” ujarnya.

Kongres Tahunan PSSI Jateng 2023 diikuti 92 peserta, terdiri dari 35 peserta delegasi Asosiasi Kab/Kota, peserta delegasi klub 54 peserta, dan 1 delegasi Asosiasi Futsal Jateng, 1 delegasi Asosiasi Pelatih Jateng serta 1 delegasi ASBWI Jateng. (*)

 

Tri Wuryono