in

Kick Off 5 November, Liga 3 Jateng 2023 Diikuti 23 Klub

Pada pelaksanaan Liga 3 Jateng 2023, hanya ada satu klub debutan yaitu Bina Sentra Semarang.

Workshop dan Managers Meeting Liga 3 Jateng 2023 di Hotel Candi Indah Semarang, Minggu (22/10/2023). (foto: jatengtoday.com)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Tengah siap menggulirkan kompetisi Liga 3 2023. Ada 24 klub peserta yang akan berpartisipasi, termasuk juara bertahan Persip Pekalongan dan pendatang baru Bina Sentra Semarang.

Sebagai rangkaian persiapan Liga 3 Jateng 2023, Asprov PSSI Jateng menggelar Workshop dan Managers Meeting di Hotel Candi Indah Semarang, Minggu (22/10/2023). Sebelumnya di tempat yang sama juga dilaksanakan sosialisasi kepada klub peserta pada 8 Oktober lalu.

“Pada kesempatan kali ini ada tiga aspek yang dibahas, yaitu penyampaian operator kompetisi tentang penyelenggaraan pertandingan, sisi administratif dan regulasi oleh komite kompetisi. Selanjutnya juga dilakukan drawing,” kata Sekretaris Asprov PSSI Jateng, Purwidyastanto mewakili Ketua Asprov Yoyok Sukawi.

Liga 3 Jateng 2023, lanjut Purwidyastanto, sedianya diikuti 24 klub. Namun, menjelang pelaksanaan drawing pada hari ini, Putra Surakarta FC mengundurkan diri.

“24 klub yang mendaftar, tapi semalam ada satu klub yang mengajukan mengundurkan diri, yaitu Putra Surakarta FC. Sehingga yang mengikuti workshop dan managers meeting hari ini 23 klub,” ujarnya.

Purwidyastanto menambahkan, klub-klub peserta akan dibagi ke dalam 6 grup dengan format home away. Selanjutnya dua tim peringkat teratas masing-masing grup akan melaju ke babak 12 besar.

“Di babak 12 akan dibagi menjadi 4 grup. Selanjutnya di babak 8 besar menggunakan sistem knock out dengan format home away, begitu juga untuk babak semi final,” lanjutnya.

Pada pelaksanaan Liga 3 Jateng 2023, hanya ada satu klub debutan yaitu Bina Sentra Semarang. Persip Pekalongan berstatus juara bertahan di kompetisi kasta ketiga ini yang akan menjadi wakil Jawa Tengah di putaran nasional bersama PSIK Klaten dan PSDB Demak.

Baca Juga: Persip Pekalongan Juara Counterpain Liga 3 Jateng 2022

Menurut Purwidyastanto, saat ini sudah ada 24 klub perwakilan Asprov di seluruh Indonesia yang sudah menggenggam tiket Liga 3 Nasional hasil dari kompetisi di tahun 2022/2023. Sedangkan 56 tiket tersisa akan diperebutkan oleh klub-klub yang berkompetisi tahun ini.

“Pada April 2024 ada 80 klub di Liga 3 putaran nasional. Sudah 24 klub hasil kompetisi tahun lalu dan 56 tiket lainnya akan ditentukan musim ini,” ucapnya.

Sementara, anggota Exco PSSI Jateng, Rio Arya Surendra mengapresiasi komitmen klub untuk tetap menggulirkan kompetisi. Partisipasi klub juga turut berperan dalam pembinaan sepak bola di Jawa Tengah.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada klub yang tetap konsisten mengikuti Liga 3, karena kompetisi ini adalah muara dari pembinaan sepak bola. Salah satunya adalah kelolosan tim sepak bola Jateng ke PON Aceh-Sumut juga atas kontribusi klub,” tutur Arya yang juga Ketua Askot PSSI Surakarta.

Kick off Liga 3 Jateng 2023 dijadwalkan dilakukan pada 5 November mendatang dan partai final bulan Januari 2024. (*)

Tri Wuryono