in

Jateng Punya 7 Klub Sepakbola Baru, Ada yang Pindahan dari Jatim

7 klub baru ini disahkan saat Kongres Tahunan PSSI Jateng di Hotel Candi Indah Semarang, Sabtu (16/7/2022).

Para pengurus Asprov PSSI Jateng foto bersama sebelum memulai kongres di Hotel Candi Indah Semarang, Sabtu (16/7/2022). (ajie mahendra/jatengtoday.com)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Total ada 7 klub sepakbola baru yang berada di wilayah Jateng. Ada juga satu klub sepakbola pindahan dari Jatim.

7 klub sepakbola yakni Afqyos (Kabupaten Tegal), Satria Muda Ajibarang (Banyumas), Bintang Timur Pekalongan (Kota Pekalongan), Putra Surakarta FC (Surakarta), Mahesa Jenar Muda (Semarang), AT Farmasi FC (Surakarta), dan Universitas Surakarta FC (Surakarta).

Universitas Surakarta FC dulu bernama Unsa Asmi Persiharjo dan pernah mengikuti Kompetisi Liga 3 Jateng.

Klub tersebut disahkan saat Kongres Tahunan PSSI Jateng di Hotel Candi Indah Semarang, Sabtu (16/7/2022).

Sekretaris Asprov PSSI Jateng, Purwidyastanto menuturkan, klub sepakbola pindahan dari Asprov PSSI Jatim yang memutuskan bergabung dengan Jateng sudah berubah nama.

“Klub yang berpindah itu Putra Surya Magetan Connection yang berubah nama menjadi Safin Pati FC dan berpindah domisili ke Pati,” terangnya.

Persiapan Liga 3 Jateng

Ketua Asprov PSSI Jateng, Yoyok Sukawi menuturkan, kongres kali ini juga membahas mengenai persiapan gelaran Liga 3 Jateng.

Rencannya, Liga 3 Jateng bakal digulirkan pada September 2022 mendatang. Kompetisi ini terbuka terhadap masuknya klub-baru.

“Silakan beramai-ramai membuat klub baru. Gampang kok, nggak sulit . Maka saya mengimbau nggak usah beli klub atau memindah klub dari luar provinsi. Lebih baik buat sendiri,” tegasnya.

Dia membeberkan, sebelum Kongres dimulai, ada tiga klub yang ingin mendaftar untuk bergabung di Asprov PSSI Jateng.

“Sebenarnya pendaftarannya mudah, tapi tentu ada mekanismenya. Tunggu tahun depan, karena kan ada tahap-tahapnya seperti pendaftaran, verifikasi, dan lain-lain,” tandasnya. (*)

Ajie MH.