in

Kelenteng Sam Poo Kong Dibuka Lagi, Pengunjung Dibatasi 3.000 Orang

SEMARANG (jatengtoday.com) – Destinasi wisata Kelenteng Sam Poo Kong Semarang kembali dibuka pasca ditutup akibat pandemi Covid-19. Pembukaan perdana dimulai hari ini, Jumat (26/6/2020).

Bagian Bisnis Development Sam Poo Kong, Risna Agiuna mengungkapkan, jam operasional tempat ini tetap seperti biasa. Buka dari pukul 08.00 dan tutup pada pukul 20.00.

Namun, untuk kapasitas pengunjungnya dibatasi sesuai ketentuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) jilid IV yang berlaku di Kota Semarang. Menurut Risna, kelenteng ini sebenarnya mampu menampung 7.000 pengunjung.

“Kami hanya bisa terima pengunjung kurang lebih di angka 3.000 orang saja. Terus peraturan di dalam tidak boleh berkerumun lebih dari 30 orang,” ujarnya.

Meskipun begitu, atas nama manajemen Sam Poo Kong dia mengaku lega karena sudah bisa buka kembali. Sebab, hampir 3 bulan sudah objek wisata religi dan budaya ini tidak mendapat pemasukan.

Menurut Risma, di hari pertama pembukaan ini pengunjung masih terbilang sepi. “Memang tadi belum ada setengah dari target kami. Tapi paling tidak sudah ada beberapa yang keluar masuk,” ungkapnya.

Dia menyampaikan pembukaan Sam Poo Kong sudah mendapat persetujuan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Menurutnya, semua pengunjung diwajibkan mengenakan masker. Di pintu masuk harus mengikuti pengecekan suhu tubuh dan cuci tangan. (*)

 

editor: ricky fitriyanto