in

Kejari Kota Semarang Musnahkan Ribuan Slop Rokok Ilegal

Rokok yang dimusnahkan ini merupakan barang bukti dari tindak pidana kepabeanan.

Pihak Kejari Kota Semarang musnahkan rokok ilegal. (baihaqi/jatengtoday.com)
Pihak Kejari Kota Semarang musnahkan rokok ilegal. (baihaqi/jatengtoday.com)

SEMARANG (jatengtoday.com) — Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Semarang memusnahkan ribuan slop rokok ilegal tanpa pita cukai. Rokok dari berbagai merek tersebut dimusnahkan dengan cara dibakar.

Kepala Kejari Kota Semarang Agung Mardiwibowo mengatakan, pemusnahan barang bukti tindak pidana kepabeanan dilakukan di Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Semarang, Selasa (5/3/2024).

Dalam perkara kepabeanan ini ada dua tersangka yakni Prayitno dan Muh Hasan Agus Suyanto. Terdakwa divonis penjara selama tahun, serta hukuman denda Rp 1,1 miliar subsider 4 bulan penjara.

“Kami memusnahkan 458 bal dan 1.029 slop rokok berbagai merek yang tidak dilekati cukai dengan cara dibakar. Perkara ini dari Bea Cukai, dan telah berkekuatan hukum tetap,” tutur Kajari.

Pada hari yang sama, selain rokok pihaknya juga memusnahkan barang bukti lain di kantor Kejari Jalan Abdurrahman Saleh, Semarang Barat.

Barang bukti tersebut di antaranya narkotika yang terdiri dari 119 paket sabu-sabu, tujuh paket ganja, dan 86 butir pil ekstasi.

Kejari juga memusnahkan dengan cara diblender berupa pil berlogo Y warna putih dengan jumlah 1.445 butir, dan 3.925 pcs kosmetik ilegal.

Kemudian, sebanyak 71 unit handphone dan enam buah senjata tajam juga turut dihancurkan dengan cara dipotong. Serta memusnahkan mesin produksi molen yang digunakan meracik kosmetik. (*)

editor : tri wuryono 

Baihaqi Annizar