in

Monod Laras Buka Pelatihan Karawitan Gratis untuk Anak Muda Semarang

Pamong Monod Laras sedang memandu karawitan di Gedung Monod Diephuis, Kota Lama Semarang. (baihaqi/jatengtoday.com)

SEMARANG (jatengtoday.com) — Sanggar Monod Laras membuka pelatihan karawitan untuk mewadahi anak-anak muda Semarang yang ingin belajar seni musik tradisional Jawa.

Pelatihan tersebut dibuka secara gratis. Proses latihan berlangsung di gedung Monod Diephuis & Co, Jalan Kepodang 11–13, Kota Lama Semarang setiap hari Minggu pukul 10.00–12.00.

Baca: Lomba Foto Monod Diephuis Kota Lama Semarang Diperpanjang hingga 31 Desember

“Yang minat, silakan datang langsung ke gedung Monod,” ajak salah satu pamong (pengajar) di Monod Laras, Tjahjono Raharjo, Rabu (15/12/2021).

Sebenarnya, Monod Laras sudah lama melatih seni karawitan dan pedalangan di Monod Diephuis. Namun, selama ini pesertanya anak-anak kecil, total ada 20 siswa yang bergabung.

Kini, pihaknya bermaksud menjangkau segmen yang lebih luas, mengajak kaum remaja Semarang yang selama ini ingin belajar karawitan tetapi memiliki keterbatasan akses.

Tjahjono tidak menampik adanya beberapa sanggar seni di Kota Semarang yang turut membuka ruang belajar karawitan. Namun, kata dia, perannya tidak signifikan, sehingga susah untuk mencari remaja pegiat karawitan.

Kondisi tersebut berbeda jika dibandingkan dengan daerah Surakarta ataupun Yogyakarta yang memiliki sekolah formal yang fokus pada seni tradisional Jawa itu.

“Kami tidak ingin Kota Semarang ke depan kehilangan generasi yang melestarikan seni karawitan. Makannya kami memberi ruang bagi mereka untuk belajar bersama,” paparnya.

Tjahjono menambahkan, dalam waktu dekat Monod Laras bersama anak-anak muda akan rutin menggelar pentas pedalangan dan karawitan di Kota Lama Semarang. (*)

editor : tri wuryono

2 Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.