in

JournalIt – Aplikasi Menulis Catatan Harian Terbaik

Menulis catatan harian sering menjadi ajakan menakutkan. Ada anggapan, menulis bukan pekerjaan mudah, apalagi rutin menulis setiap hari.

Sebenarnya, hanya perlu waktu 15 menit sehari untuk menulis catatan harian. Saya selalu mengajak untuk menulis catatan harian mulai sekarang, karena pengalaman dan pekerjaan setiap orang bisa menjadi lebih berharga.

Lebih mudah lagi, bahkan sangat disarankan, kamu menulis catatan harian, langsung di smartphone.

Aplikasi terbaik untuk menulis catatan harian di smartphone, adalah JournalIt.

Mengapa tidak di kertas? Tidak.

Tulis Catatan Harian dengan Aplikasi, Bukan di Buku Kertas

Mengapa menulis catatan harian di buku itu tidak lagi menyenangkan?

  1. Menulis di kertas, membuat halaman tidak lagi manis, ketika ada kesalahan-tulis (typographical errors). Termasuk ketika harus membuat revisi: janji-temu (dating) berubah jam/tanggal, repot ketika menyisipkan item baru, mengubah urutan baris, dll. Terutama bagi yang menyukai kerapian, tanpa coretan kesalahan.
  2. Membawa kertas sama sekali tidak praktis. Kemungkinan hilang, repot, banyak mata memandang (ketika kamu menyendiri untuk menulis), atau kemungkinan kotor.
  3. Tulisan di buku tidak aman, sekalipun kamu gembok dengan kombinasi.
  4. Buku kertas itu terbatas. Biasanya, buku catatan harian “harus” berawal dari 1 January dan sebatas 1 tahun. Ini membuat kebanyakan orang akan bilang, “Besok saja. Tahun depan saja.”
  5. Sangat merepotkan kalau mau menempelkan kertas lain sebagai scrap book. Sekarang bukan zaman cetak, apalagi memotong dan menempel kertas berisi tulisan dari luar.
  6. Apa yang terjadi kalau mau switching? Melompat antar-aplikasi, tidak bisa. Mau menuliskan URL panjang? Tiba-tiba menemukan 5 alamat download movie dan serial, sangat repot kalau harus menulisnya satu per satu.
  7. Lebih berat lagi, kamu hanya bisa sisipkan teks dan drawing. Dokumentasi, membutuhkan content lebih. Duniamu penuh warna, foto rahasia, potongan video, link, bookmark halaman web untuk bikin tulisan, suara alam ketika kamu bertualang, dll.
  8. Tidak bisa mencari dengan cepat, sulit melakukan pengelompokan, membuat ringkasan dan log, semuanya dilakukan secara manual. Dan itu sangat melelahkan.
  9. Buku catatan harian itu mahal.

Kelebihan Menulis Catatan Harian di Aplikasi

Kebalikan dari semua itu, kalau kamu menulis di aplikasi.

Paperless, tanpa kertas. Kamu memakai smartphone yang juga kamu pakai untuk membuka WhatsApp dan Facebook. Kamu bisa terapkan pola, pin, atau fingerprint. Kamu bisa enkripsi data dengan langkah mudah, sehingga sekalipun orang bisa membuka file backup kamu di cloud, mereka tidak bisa membacanya. Tulisanmu tanpa batasan.

Saya akan tunjukkan caranya membuat JournalIt versi gratisan bisa dipakai untuk menulis tanpa batas.

Hasil penulisanmu bisa disinkronkan dengan Google Drive atau Drop Box. Kamu bisa menulis di tengah acara, tanpa perlu keluar dari kerumunan. Bisa memulai, melompat ke tanggal, bulan, atau tahun kapan saja. Kamu bisa sisipkan bermacam-macam jenis file: jp/eg, png, mp4, dll. Tentu saja, fitur dasar pencarian, menambahkan tags, klasifikasi, semua itu sudah menjadi bawaan. Banyak hal otomatis yang bisa tersajikan, untuk melihat perkembangan kamu.

Semua fitur ini, ada di JournalIt. Bisa dibilang, itu semua hanya fitur dasar. Tentu saja, masih ada fitur lain. Supaya lebih fair, bagaimana kalau kita download JournalIt kemudian mencoba sendiri fiturnya?

Bagi yang masih ragu, saya perkenalkan detail JournalIt.

Fitur mewah. Versi free, tanpa iklan. Semua fitur terbaik aplikasi menulis catatan harian bisa kamu dapatkan di JournalIt (Photo: Instagram @journalitapp)

Nama Aplikasi Journal It – Bullet Diary & Journal
About This App Journal & Planner – A Bullet Journal Alternative – Organize Your Life

Developer 
DoIt Apps
https://journalit.app/

Version 6.2
Category Lifestyle
Platform Android PlayStore, Windoes, Apple iOS, MacBook, Linux

Download https://journalit.app/

Download JournalIt Terbaru

Play Store (Android) : https://play.google.com/store/apps/details?id=org.de_studio.diary
Apple Store (Apple) : https://journalit.app/download/JournalitInstaller.dmg
Windows 10 64bit: https://journalit.app/download/Journal%20it!%20Installer.zip

Price

  • Free (gratis), dan tanpa iklan selalu.
  • Premium (berbayar).

Review Stars
4.2 dari 5.849 penulis review di PlayStore

Setelah mencoba sejak versi awal, saya menemukan pro- contra- selama memakai JournalIt.


Pro Kontra Memakai JournalIt

Pro

✔ Tidak perlu bikin akun. Cocok bagi yang ingin “hanya saya” (kamu) yang bisa membuka apa yang kamu tuliskan.
✔ Tidak harus melakukan backup.
✔ Tidak perlu koneksi internet. Kalau kamu naik gunung atau di lokasi tanpa-sinyal operator, tetap bosa menulis.
Versi free, tanpa iklan.
✔ Versi free bisa kamu ubah menjadi “unlimited”. Sangat mudah: tidak perlu hubungkan akun kamu ke JournalIt.
✔ Fitur “Journey” sangat cocok untuk roadshow atau acara yang membutuhkan pelaporan singkat dan tematik. Misalnya, kamu sedang acara perjalanan bisnis atau mau pameran karya, kamu bisa menuliskan proses dari awal sampai selesai. Sangat bagus untuk dokumentasi, memudahkan sebagai bahan laporan resmi, dan kamu bisa mendeteksi bagian mana yang “bermasalah” atau paling berkesan dari proses yang kamu jalankan.
✔ Fitur Habits benar-benar cocok untuk menetapkan kebiasaan dan melihat bagian mana yang belum kamu penuhi.
✔ Fitur Template membebaskan pemakai untuk membuat template sendiri. Kamu bisa membuat template: daftar belanja, artikel opini, makalah, checklist, apa saja sesuai kreativitas kamu.
✔ Saya sangat suka ” Notes”, tempat menulis catatan sebanyak yang saya suka. Termasuk menulis transkrip wawancara: sisipkan file .mp3 wawancara kemudian dengarkan sambil transkrip. Notes saya pamai untuk menuliskan ide yang masih berupa bahan, ketika sedang mengamati sesuatu, melamun, atau menjawab pertanyaan.
✔ Statistics di aplikasi ini sangat lengkap. Bagian ini baru kelihatan kalau kamu sudah menulis setiap hari, sekitar 1 minggu.
✔ Habits bisa kamu pause. Misalnya, kamu menetapkan program “membaca buku setiap hari” selama 1 minggu. Ternyata, di hari ke-4 ingin kamu pause, no problem. Hari itu tidak dihitung, akan dilanjutkan setelah kamu aktifkan kembali. Ini menanggapi perilaku pemakai yang merasa putus asa ketika ada Habits yang tidak terpenuhi.
✔ Media yang kamu lampirkan (image, video) bisa dilihat langsung dari menu.
✔ Malas menulis atau belum sempat menulis? Buat foto. Kalau perlu, aktifkan geo tags pada camera. Nanti kalau sudah ada waktu 5 menit, ketika kamu duduk sambil minum kopi, sisipkan foto itu ke dalam JournalIt. Akan ada tawaran “menyesuaikan tanggal sesuai foto?”. Ini berarti, foto tersebut akan ditempatkan pada tanggal kamu memotret. Tanpa perlu mengingat. Begitu ada foto, besar kemungkinan kamu bisa mengingat ada kejadian apa di balik foto itu dan menuliskan “caption”. Jadi, misalnya sekarang saya bertemu orang, untuk membahas pekerjaan, tentu saya kerepotan kalau harus menuliskan catatan harian di situ, secara langsung. Tidak perlu. Buat saja foto. Besoknya, atau 2 hari kemudian, ketika menulis di JournalIt, saya sisipkan foto tadi. Langsung ada tawaran untuk “meneyesuaikan” tanggal catatan ke posisi kemarin ketika saya memotretnya. Dengan cara ini, kita selalu bisa menjelaskan dengan foto di JournalIt.
✔ Peta bisa ditampilkan di bawah entri catatan harian, secara default. Kamu sedang di mana, sekarang? Jika GPS aktif dan kamu menulis di tempat itu, maka akan ada informasi peta. Sangat cocok ketika kamu melakukan perjalanan atau datang di tempat baru.

Kontra

JournalIt memiliki kelemahan, walaupun tidak esensial. Kalau kelemahan berikut ini dipenuhi, mungkin JournalIt bisa dapat 4.7 dari 5 bintang.

⊗ Versi free, pemakai tidak bisa menerapkan markdown (bold, italic, dll.).
⊗ Font bawaan JournalIt, tidak bisa diubah. Font aplikasi ini sudah sangat bagus. Angka keterbacaan tinggi di ukuran extra-small (XS).
⊗ Belum bisa attachment .pdf *) mungkin di versi berikutnya?
⊗ Fitur penuntasan tugas kolaborasi, kurang mendapatkan perhatian, seperti: kanban, project management, mindmap, dll. Semua dijadikan satu dalam “Task” (tugas).

Tampilan Aplikasi JournalIt – Terbaik untuk Menulis Catatan Harian

Sekilas gambaran, coba lihat di video ini.

Kalau punya uang, tidak ada salahnya membeli versi pro. Semua fitur di versi free menjadi tanpa batasan. Sekali bayar, berlaku selamanya. Melihat fitur dan update aplikasi ini, harga segitu nggak sebanding dengan manfaat selamanya. Terbilang sangat murah. Kamu dapat layanan backup, support kalau ada trouble, dan lebih berkelas dibandingkan dengan pemakai versi gratisan. Garansi uang kembali, 60 hari. Tidak perlu isi formulir, tidak perlu menjawab pertanyaan.

Key Features JournalIt

Fitur utama yang bisa kamu rasakan.

★ Sinkronisasi antarperangkat dan operating system.
★ Alternatif paling sempurna kalau mau menerapkan metode “bullet journal” (bujo).
★ Bangun kebiasaan baru kamu dengan “habits tracker”.
★ Rencanakan hari kamu dengan Task (tugas)
★ Simpan informasi dan daftar penting.
★ Semua fitur yang dicari. dari catatan harian premium, ada di sini: Journal (perjalanan), Aktivitas, Orang, keword, tempat (dari Google Map), foto, daftar, tugas rutin, kalender perencanaan, ada semua di sini.
★ Pelacak mood, agar kamu tahu, apa yang waktu itu kamu rasakan ketika sedang menulis.
★ Tema “dark” (gelap), bisa dimainkan manual ataupun otomatis.
★ Tersedia widget di Home Screen perangkat smartphone kamu.
★ Kamu bisa lihat entri sebagai Timeline.
★ Statistik mingguan, bulanan, tahunan, tersajikan secara otomatis.
★ Kalau content sudah banyak, ada pengingat kenangan dari notifikasi.
★ Mendukung pemakaian offline. Tetap bisa menulis tanpa koneksi internet.
★ Bisa dikunci dengan password, fingerprint, maupun scan wajah.
★ Enkripsi end to end yang aman.
★ Seluruh content bisa kamu backup menjadi 1 file dan bisa di-restore nanti.
★ Export bisa dalam bentuk .pdf
★ Kalau sebelumnya kamu pernah pakai Journey dan Day One, bisa kamu pindahkan ke JournalIt.

Fitur Aplikasi ini kalau dibandingkan aplikasi catatan harian yang lain, sangat jauh.

Kesan Saya Memakai JournalIt

Saya seperti menulis di media sosial, namun yang saya tuliskan ini sangat rahasia, hanya saya yang tahu. Detail yang biasa terlupakan (jam berapa, tanggal berapa, di mana lokasi kejadiannya), sudah ditawarkan secara otomatis. Aplikasi ini sangat mewah, eksklusif, dan seperti memiliki buku tebal yang menemani saya menjalani aktivitas.

Untuk Siapa Aplikasi JournalIt Ini?

Aplikasi ini sebenarnya tidak dikhususkan untuk penulis. Pekerja kreatif, guru, mereka yang bergaya hidup sporty, seniman, orang yang punya hobi khusus, mahasiswa, ibu rumah tangga, mereka perlu aplikasi ini. Aplikasi ini untuk orang yang tidak punya waktu menulis catatan harian. Untuk mereka yang tidak mau berbagi rahasia kehidupan pribadi melalui media sosial. Untuk orang yang ingin kenangannya tersimpan selamanya.

Status Pengetahuan dan Sosial, Lebih Naik Level

Aplikasi ini bukan sekadar perangkat lunak yang membuat catatan digital dari kehidupanmu. Lebih dari itu, aplikasi ini bisa menginspirasi orang menjadi lebih kreatif.

Ia bisa menjadi teman perjalanan hidup, pengingat tugas, menjadi oembimbing kamu ketika menjalankan aktivitas terprogram (misalnya; 2 bulan menurunkan berat badan), dan tempat berharga untuk merahasiakan apa yang tidak ingin kamu bagikan. Catatan sebaris demi sebaris yang akan dikenang.

Aplikasi ini datang dari masa depanmu, yang besok akan membuatmu melihat dirimu yang sekarang. Dengan kenangan yang lebih nyata. Kenangan yang berbicara sendiri, yang tidak memintamu bercerita satu per satu kepada orang yang bertanya.

Aplikasi ini bisa menjadi saksi bagaimana kamu pelan-pelan berubah, menjadi lebih baik, tanpa memberikan perintah kepadamu. Membuat kamu kembali menyadari dan kamu mengendalikan hidupmu sendiri.

Saya jarang membuka aplikasi ini berlama-lama. Sama seperti buku catatan, saya buka hanya ketika ingin menuliskan. Paling, seminggu sekali melihat bagian mana yang bisa saya beri tambahan. Tidak perlu scroll berlama-lama seperti media sosial. Justru aplikasi ini tidak menyita waktu kamu.

Tuliskan seperlunya. Ada ingatan baru? Masukkan. Salah? Tinggal edit. Belum ada waktu menulis, tuliskan sebaris dulu (tidak ada satu menit, kan?), nanti pikiranmu akan terurai dan menemukan kalimat di waktu lain. Kalau tidak bisa menulis, kamu bisa sisipkan foto dan menuliskan caption.

Tidak ada yang mengharuskan kamu menulis panjang di catatan harian.

Toubleshooting Selama Memakai JournalIt

Selama memakai aplikasi ini, baik versi free maupun pro, tidak ada masalah. Saya mencoba versi Android yang free dan pro, mencoba versi Desktop yang jalan di Windows 10 64bit, dan versi Apple di MacBook 13 Pro, tidak ada masalah. Mungkin kalau ada problem di versi Windows dan Apple, itu persoalan instalasi Java JRE. Semua masalah dan pertanyaan yang sering diajukan pemakai, dijelaskan dalam panduan resmi JournalIt.

Pengembangan JournalIt Berikutnya

Menurut pengembang JournalIt di Instagram, mereka sedang membuat tambahan fitur terkait enkripsi dan video.

Perizinan Aplikasi? Aman.

Aplikasi ini bisa mengakses identitas, menemukan akun di perangkat (jika kamu login), mengakses kontak, dan lokasi (jika diaktifkan), membaca foto di penyimpanan, menghapus atau mengubah content penyimpanan — ketika kamu menulis catatan harian. Selain itu, bisa mengelola penyimpanan dokumen, seperti: melihat koneksi jaringan, akses jaringan penuh, dijalankan saat startup, dan mencegah perangkat dari tidur. Hampir semua aplikasi yang terhubung ke internet dan diizinkan membuat widget di Home, memiliki perizinan serupa.
Perizinan ini tidak menakutkan, karena bisa diatur sendiri oleh pemakai.

Catatan Tambahan

Content kamu tidak bisa di-share ke media sosial. Kamu bisa import content berupa foto dan video.

Tidak perlu takut dengan penyimpanan penuh. Foto yang sudah kamu sisipkan di entri catatan harian, bisa kamu hapus dari Gallery. Yang sudah kamu lampirkan, boleh kamu hapus dari gallery, agar tidak ada file ganda.

File lampiran, tersimpan di Penyimpanan Internal /0/Android/data/org.de_studio.atudio/files/Pictures.

History penulisan (revisi) tidak di-keep di aplikasi ini. Kalau clear cache, beres.
Sebelum melakukan uninstall, lakukan backup, agar tenang jika ada error.

Silakan baca review di Play Store. Hampir semua pemakai mengatakan, aplikasi ini sangat keren dan membuat hidup mereka menjadi lebih baik. Kalau ada komplain dan request, biasanya akan dilakukan revisi ke versi berikutnya.

Sekali kamu login, dengan cepat kamu bisa melihat seluruh content kamu, di Android, Windows 10, dan Apple.

Tanpa memperhatikan awal tahun, kamu bisa melakukan resolusi 2021 dengan memulai menulis catatan harian. Perlahan, kamu bisa menukar waktu 15 menit sehari menjadi kenangan abadi dan bisa membuat pekerjaanmu menjadi lebih baik dengan JournalIt.

Coba download dan jalankan tantangan menulis dari JournalIt. Sudah 500 ribu orang melakukan kebiasaan yang membuat hidup mereka berubah. Sudahkah kamu menulis catatan harian hari ini? [dm]

Day Milovich

Webmaster, artworker, penulis, konsultan media, tinggal di Rembang dan Semarang.