in

Heri Pudyatmoko: Keamanan dan Ketertiban jadi Tanggung Jawab Bersama

Keamanan dan ketertiban dalam kehidupan masyarakat bukanlah tanggung jawab aparat kepolisian semata. Melainkan masyarakat sipil juga punya peran di dalamnya.

TEMANGGUNG (jatengtoday.com) – Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah (Jateng) mengajak seluruh elemen masyarakat terus bersinergi untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban dalam lingkungan masyarakat.

Heri mengatakan, sinergi tersebut bisa dilakukan melalui komunikasi intensif dan hubungan harmomis yang melibatkan seluruh elemen, termasuk pemerintah, aparat penegak hukum, ormas, dan masyarakat sipil.

Pesan tersebut disampaikan Heri Pudyatmoko dalam Sosialisasi Non Perda “Sinergitas Penanganan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat” yang diadakan pada Minggu (30/10/2022).

“Komunikasi dan hubungan antara seluruh elemen masyarakat harus dipastikan berjalan dengan baik. Ketika dalam praktiknya hubungan itu bisa harmonis, niscaya keamanan dan ketertiban di masyarakat dapat terwujud,” kata Heri.

Heri menegaskan bahwa terciptanya keamanan dan ketertiban dalam kehidupan masyarakat bukanlah tanggung jawab aparat kepolisian semata. Melainkan masyarakat sipil juga punya peran di dalamnya.

“Karena kepolisian tidak mungkin mengawasi semua wilayah dalam kurun 24 jam penuh. Tentu diperlukan bantuan dari masyarakat untuk menciptakan kondusivitas keamanan lingkungan,” jelas politisi Partai Gerindra tersebut.

Lebih lanjut, ia berpesan kepada seluruh elemen untuk terus menjaga kondusivitas dan menghindari konflik antar sesama. Maka pengawasan harus terus ditingkatkan.

“Ketika ada kejadian yang termasuk ke dalam tindakan kriminal dan mengganggu ketertiban umum segera dilaporkan ke pihak yang berwenang, nanti akan diproses. Ini juga menjadi upaya saling menjaga dan melindungi sesama,” ungkap Heri Pudyatmoko. (*)

Ajie MH.