in

Desa Perlu Dijangkau Jaringan Informasti Berbasis IT

Teknologi menjadi salah satu motor pembangunan daerah untuk membantu warga memperoleh apa yang selama ini menjadi keterbatasannya khususnya yang ada di desa-desa tertinggal.

TEMANGGUNG (jatengtoday.com) – Dalam Sosialisasi Non Perda dengan tema “Sejauh Mana Ketersediaan Jaringan Informasi Tepat Guna Hingga Level Desa”, Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah Heri Pudyatmoko menyampaikan tentang pemerataan pembangunan hingga ke level desa yang selama ini masih terus dengan keterbatasannya.

Heri menjelaskan, era kemajuan abad modern ini adalah tentang kemajuan di bidang jaringan informasi, di mana seluruh warga lebih bisa mendapatkan haknya untuk mendapatkan informasi serta layanan dasar hidup.

“Yang jelas di sini seperti dalam tema adalah yang tepat guna, maksudnya warga memperoleh haknya karena apa yang ada sekarang atau terfasilitasi adalah sesuatu yang tepat guna,” ungkapnya.

Dalam hal ini, teknologi menjadi salah satu motor pembangunan daerah untuk membantu warga memperoleh apa yang selama ini menjadi keterbatasannya khususnya yang ada di desa-desa tertinggal.

Secara umum, dapat dikatakan bahwa teknologi tepat guna adalah teknologi yang dirancang bagi suatu masyarakat tertentu agar dapat disesuaikan dengan aspek-aspek lingkungan, keetisan, kebudayaan, sosial, politik, dan ekonomi masyarakat.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkapkan, pengembangan teknologi tepat guna bagi masyarakat perdesaan merupakan suatu jawaban yang tepat sebagai salah satu hal penting bagi pengentasan kemiskinan.

Presiden menyebutkan, pengentasan kemiskinan diarahkan melalui dua jalur yaitu,  penurunan berbagai biaya hidup yang harus dipikul oleh keluarga miskin dan peningkatan kemampuan bagi masyarakat untuk meningkatkan kehidupan keluarga yang keduanya harus terlaksana secara seiring. (*)

Ajie MH.