in

Dinpermades P2KB Demak Gelar Operasional Ketahanan Keluarga Berbasis Kelompok Kegiatan dengan Pembuatan Tempe

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan para kader sehingga dapat membantu ekonomi keluarga.

DEMAK (jatengtoday.com) – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinpermades P2KB) Kabupaten Demak menggelar kegiatan operasional ketahanan keluarga berbasis kelompok kegiatan (poktan) di Aula Balai Desa Kembangan Kecamatan Bonang.

Kegiatan dibuka oleh Koordinator Balai Penyuluh Keluarga Berencana (BPKB) Kecamatan bonang Tri Larasati. Dalam sambutannya, Tri berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan, kualitas dan keterampilan keluarga dalam membantu ekonomi keluarga, serta dapat menularkan informasi dan keterampilan kepada keluarga lainnya yang ada di kampung KB.

“Terima kasih atas kehadirannya. Kegiatan poktan hari ini perlu di tindak lanjuti dan dipraktekan langsung dalam keluarga,” katanya.

Dalam kegiatan itu juga menghadirkan narasumber Cholifah owner dari pengrajin tempe, yang menyampaikan materi pelatihan pembuatan tempe. Ia memaparkan terkait asal tempe, bahan dan alat yang dibutuhkan dalam pembuatan tempe serta langkah-langkah proses pembuatan tempe.

Setelah menerima materi, selanjutnya masing-masing kader mempraktekkan langsung pembuatan tempe serta pengolahan tempe sebagai bahan dasar untuk makanan seperti membuat mendoan.

Diakhir kegiatan, para kader dapat membawa pulang hasil pembuatan tempe yang telah mereka buat.

Kepala Dinpermades P2KB Kabupaten Demak Drs. Taufiq Rifai, M.Si mengapresisasi kegiatan tersebut yang dapat meningkatkan ketrampilan para kader sehingga dapat membantu ekonomi keluarga.

“Setelah menerima materi dan pelatihan langsung pembuatan tempe, harapannya mereka dapat mempraktekannya di rumah. Nantinya dapat memproduksi sendiri dan dijual, sehingga ini akan menambah ekonomi keluarga,” ujarnya. (*)

Ajie MH.