in

Dinpermades P2KB Demak Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas TPK

Akan ada monitoring pelaksanaan kegiatan pemberdayaan dasawisma dalam program promosi kesehatan bagi ibu hamil dan menyusui oleh ITIKES Cendekia Utama Kudus.

DEMAK (jatengtoday.com) – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinpermades P2KB) Kabupaten Demak melaksanakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Tim Pendamping Keluarga (TPK) di Kabupaten Demak tahun 2022.

Pelatihan yang bekerja sama dengan Institut Teknologi Kesehatan (ITEKES) Cendekia Utama Kudus itu, dihadiri oleh Kepala Dinpermades P2KB, Rektor ITIKES, Kabid KBK dan KK, Sub Koordinator Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga dan Technical Asistant Stunting Kabupaten Demak.

“Diharapkan setelah kegiatan ini, TPK dapat menambah pengetahuan lebih luas dalam melakukan pendampingan serta lebih efektif dan efisien dalam memfasilitasi KIE pada keluarga berisiko stunting yang didampingi,” kata Drs. Taufiq Rifai, M.Si, Dinpermades P2KB Kabupaten Demak.

Taufik menambahkan, dalam program kolaborasi antara BKKBN dari unsur pemerintah, konsorsium perguruan tinggi yang diketuai oleh Universitas Alma Ata Yogyakarta, industri, masyarakat atau keluarga berisiko stunting di 14 kabupaten / kota prioritas di Jawa Tengah, serta unsur media akan menjadi pendekatan utama dalam program Gotong Royong Cegah Stunting ( Gong Ceting ), termasuk di Kabupaten Demak.

“ITEKES Cendekia Utama Kudus akan melaksanakan Program Gong Ceting di Kabupaten Demak, yang nantinya bersama-sama kita untuk menurunkan prevalensi stunting di Kabupaten Demak,” ujarnya.

Taufik melanjutkan, sebagai upaya tindak lanjut dalam kegiatan ini, pihaknya akan memonitoring pelaksanaan kegiatan pemberdayaan dasawisma dalam program promosi kesehatan bagi ibu hamil dan menyusui oleh ITIKES Cendekia Utama Kudus.

Kemudian melakukan pendampingan dalam pelaksanaan pemilihan duta remaja, Pakwalisanak dan Pembentukan Desa Gong Ceting serta endampingan dalam pelatihan penyusunan menu, pengolahan dan penyajian makanan sehat keluarga di Ceting serentak. (*)

Ajie MH.