in

Dinas Perdagangan Janji Harga Bawang Putih Stabil Pekan Depan

SEMARANG (jatengtoday.com) – Dinas Perdagangan Kota Semarang dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Semarang melakukan operasi pasar untuk memantau harga komoditi sembilan bahan pokok (sembako) yang belakangan ini tidak stabil. Operasi pasar tersebut dilakukan di sejumlah pasar tradisional. Diantaranya Pasar Waru dan relokasi Pasar Johar, Rabu (8/5/2019).

Selain memantau fluktuasi harga sembako, tim juga memastikan bahan pokok yang dijual ke konsumen dalam kondisi aman. “Hasil operasi pasar tersebut, secara umum harga bahan pokok dalam kondisi wajar. Hanya saja untuk harga bawang putih masih berkisar Rp 45 ribu-Rp 50 ribu/kg. Kami akan terus menekan, diperkirakan pekan depan bisa Rp 35 ribu-Rp 37,5 ribu/kg,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto.

Sedangkan untuk harga daging ayam Rp 32 ribu/kg dinilai masih wajar. Pembeli masih bisa menawar di bawah harga tersebut. Hanya satu komoditas yang perlu dilakukan penekanan yakni harga bawang putih. “Tapi kami pastikan segera normal pekan depan. Kalau melihat di daerah lain, harga bawang putih meroket tajam,” katanya.

Fajar juga memastikan stok bahan pangan di Kota Semarang dalam kondisi aman. Namun demikian, pihaknya akan terus menggelar operasi pasar agar hingga lebaran mendatang kebutuhan bahan pokok di pasaran stabil. “Kami mengajak BPOM agar bahan pokok di pasaran dipastikan aman. Apabila ada barang kadaluarsa akan langsung disita. Sehingga pembeli aman dan terlindungi,” katanya.

Bagian Seksi Inspeksi BPOM Semarang, Suminto mengatakan, pihaknya belum menemukan adanya pelanggaran. Termasuk barang kadaluarsa. “Saya rasa para pedagang sudah paham dan mengerti. Masyarakat juga sudah menjadi pembeli yang cerdas. Sementara ini tidak ditemukan produk pangan yang dijual melanggar misalnya tanpa izin edar mapun kadaluarsa,” katanya. (*)

editor : ricky fitriyanto