in

Debit Air Sungai Tenggang Masih Tinggi, Warga Was-was

SEMARANG (jatengtoday.com) – Banjir yang menggenangi jalan di bawah jembatan Tol Kaligawe kini telah surut. Hanya terdapat genangan kecil saja. Jalur yang menghubungkan Kota Semarang dan Demak juga sudah lancar.

Warga Kelurahan Kaligawe, Abdul Karim (45) mengaku lega. Tadinya, kendaraan bermotor susah melewati jalan tersebut karena ada air menggenang setinggi lutut orang dewasa.

“Saya lega sekarang airnya sudah surut. Kemarin kalau lewat sini susah, airnya tinggi banget, motornya mlepek (mogok),” ujar Karim saat ditemui di warung dekat Jembatan Kaligawe, Jumat (7/12/2018).

Karena banjir sudah surut, kendaraan-kendaraan yang tadinya dialihkan secara contra flow di Jembatan Tol Kaligawe, kini sudah bisa melewati bawah jembatan sebagaimana biasanya. Sebelumnya, lalu lintas di jalur ini macet panjang karena tingginya genangan.

Meski sudah surut, tak bisa dipungkiri debit air di Sungai Tenggang masih lebih tinggi dibanding tingginya permukaan jalan.

Seorang pengendara motor Ali Hanafi (23) yang sehari-hari melewati kawasan tersebut, mengaku senang usai genangan air surut. Namun, dirinya tetap was-was karena jika hujan lebat kembali turun, daerah bawah jembatan ini rawan banjir lagi.

“Kemarin repot banget karena harus ndorong motor. Tapi tetap khawatie, soalnya ini surut juga paling gara-gara tidak hujan lebat lagi,” ujar warga Kelurahan Banjardowo RT 2 RW IV, Genuk, Kota Semarang itu. (*)

editor : ricky fitriyanto

Baihaqi Annizar