in

BPJS Kesehatan Siap Hapus Kelas

SEMARANG (jatengtoday.com) – Pemerintah telah mewacanakan agar tidak ada lagi kelas I, II dan III di BPJS Kesehatan. Nantinya besaran iuran dan pelayanan disamaratakan.

Menanggapi wacana itu, Asisten Deputi Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik Kanwil BPJS Kesehatan Jateng-DIY, Abdul Aziz mengaku akan mengikuti kebijakan tersebut. Sama halnya dengan regulasi mengenai penyesuaian tarif.

“Kalau memang kebijakan itu secara aspek legalitasnya sudah ditetapkan maka kami pun siap kapan saja. Kami akan memenuhi regulasi itu. Karena apa pun itu, kami tanpa regulasi, akan seperti jalan tanpa payung hukum. Pasti regulasi itu akan memperhatikan semua aspek,” terangnya, Selasa (16/6/2020).

Dikatakan, selama ini, klasifikasi kelas untuk peserta JKN-KIS hanya berlaku untuk mendapatkan layanan kamar di rumah sakit. Sementara pelayanan lain seperti obat dan penanganan tidak membedakan kelas.

Klasifikasi kelas ini, lanjutnya, untuk menentukan kelas kamar di rumah sakit yang punya klasifikasi. Bahkan setiap rumah sakit punya klasifikasi berbeda.

“Misalnya di rumah sakit A, ada yang VVIP dan VIP. Itu  sudah di atas kelas yang diatur BPJS,” tandasnya. (*)

editor: ricky fitriyanto