in

Ajak Tak Golput, Kaum Milenial Bagi-bagi Stiker di Jalan Pemuda

SEMARANG (jatengtoday.com) – Sejumlah kaum milenial Semarang menggelar aksi untuk mengajak masyarakat datang ke TPS pada Pemilu 2019 mendatang. Ajakan itu dilakukan dengan bagi-bagi stiker bertuliskan ‘Pilih Pemimpin yang Baik’ kepada pengendara di traffic light Jalan Pemuda Semarang, Senin (11/3/2019).

Karenina, salah satu perwakilan kaum milenial Semarang mengatakan, aksi turun ke jalan ini dilakukan untuk membuka kesadaran pemilih pemula agar berpartisipasi dalam pilpres mendatang.

“Kaum milenial menjadi bagian yang menentukan kemana arah bangsa ini. Terlebih suara pemilih pemula sangat banyak, jangan golput, ya!” ucap mahasiswi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) ini.

Memang, di Jateng ada 154.188 pemilih pemula. Di Semarang, ada sekitar 30.000 orang. Karena itu, suara milenial punya peran penting dalam memilih pemimpin 5 tahun mendatang.

“Harapannya temen-temen milenial cerdas dalam menentukan pilihan. Silakan menimbang-nimbang mana calon yang baik, karena kita memang harus memilih pemimpin yang baik,” katanya.

Dijelaskan, aksi ini murni untuk mengajak warga ke TPS. Tidak ada intervensi untuk memilih capres tertentu. “Dua ribu stiker kami bagi. Cuma tidak ingin apatis saja dalam perpolitikan tanah air, kami bukan kader atau simpatisan partai. Kami cuma ingin pemimpin yang baik. Teman-teman milenial sudah sangat cerdas untuk menentukan siapa pemimpin yang baik. Kan bisa menelusuri semua rekam jejaknya,” tandasnya.

Sementara itu, Rico, yang ikut aksi ini menambahkan, salah satu keunggulan kaum milenial adalah mampu berselancar jauh di dunia maya. Karena itu, dia berharap pilihan dari milenial bisa menjadi tolak ukur bagi pemilih lain karena menguasai banyak informasi.

“Kita juga bisa menentukan mana informasi bohong, fitnah dan mana informasi yang valid. Dengan kemampuan itu saya berharap temen-temen menjadi penyaring informasi minimal di lingkungan pergaulan dan keluarga. Kalau langkah itu dilakukan saya yakin pemimpin yang baik bisa kita miliki,” tandasnya. (*)

editor : ricky fitriyanto

Ajie MH.