in

193 Juta Jiwa Diprediksi Mudik ke Jateng saat Lebaran 2024

Polda Jateng akan menyiapkan 196 pos meliputi pos pelayanan, pos pengamanan, hingga pos terpadu.

Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi memberi keterangan pers usai rapat koordinasi di Magelang. (istimewa)
Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi memberi keterangan pers usai rapat koordinasi di Magelang. (istimewa)

MAGELANG (jatengtoday.com) — Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah memprediksi sekitar 193 juta jiwa yang akan mudik ke wilayah Jateng saat Lebaran Idulfitri 2024 mendatang.

Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi memperkirakan, puncak arus mudik Lebaran terjadi pada 5 April 2024, sedangkan puncak arus baliknya berlangsung pada 12 April 2024.

Polda Jateng telah menggelar rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka pengamanan Hari Raya Idulfitri 1445 H. Rapat berlangsung di Magelang, Kamis (28/3/2024).

Menurut Kapolda, perlu dipersiapkan secara matang menyikapi pemudik, baik yang melalui jalan tol, jalur pantura, jalur tengah, dan jalur selatan-selatan.

“Sehingga apabila terjadi kemacetan arus lalu lintas, sudah tahu apa yang akan dilakukan,” ungkap Kapolda usai memimpin rapat koordinasi.

Nantinya, untuk pengamanan selama momen Lebaran Idulfitri 1445 H, Polda Jateng akan menyiapkan 196 pos meliputi pos pelayanan, pos pengamanan, hingga pos terpadu.

Pihaknya juga akan mendirikan pos pengamanan di tempat-tempat wisata yang ada di Jateng. Untuk pos pengamanan di obyek wisata di bawah kendali Direktorat Pengamanan Obyek Vital dan masing-masing kapolres memetakan pos wisata. (*)

editor : tri wuryono 

Baihaqi Annizar