in

Waduh, Semarang Smart City Kok Toiletnya Jorok

SEMARANG (jatengtoday.com) – Berbagai fasilitas publik seperti ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Semarang semakin banyak. Hampir di setiap kecamatan hingga kelurahan memiliki taman. Baik taman pasif maupun taman aktif yang digunakan warga bersantai dan berinteraksi sosial bersama warga lain.

Kota Lumpia ini memang sedang bersolek dengan menerapkan konsep smart city. Sebuah kota yang pintar berbasis teknologi dan ramah. Namun apa jadinya, begitu taman-taman selesai dibangun malah tidak terawat.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi begitu kesal memergoki sebuah toilet di Taman Kecamatan Mijen, Kota Semarang. Bagaimana tidak, ketika ia sedang inspeksi mendadak di kawasan tersebut mendapati toilet di kawasan tersebut jorok dan tidak terawat.

“Sabtu kemarin, saya ke Mijen, Saya coba masuk ke toiletnya, Masya Allah,” kata Hendi sapaan akrab Hendrar Prihadi di Balai Kota Semarang, Selasa (17/9/2018).

Ia mendapati toilet tersebut terdapat gundukan yang tidak sedap dipandang mata. Tentu saja hal itu membuatnya prihatin dan tidak habis pikir. Kondisi itu membuatnya kesal. Sebab menunjukkan bahwa peran kinerja di jajarannya tidak berjalan.

“Saya tidak perlu dan tidak ingin menuding satu per satu siapa oknum pegawai ASN atau OPD Pemkot Semarang yang salah. Tetapi paling tidak harus ada rasa kepedulian,” katanya.

Apalagi Pemkot Semarang telah menyatakan bahwa Kota Semarang merupakan smart city yang menjadi tujuan wisata. “Saya yakin, semua bisa menjadi lebih baik apabila setiap jajaran memahami prinsip dasar apa sebetulnya tugas ASN,” katanya.

Selain itu, Hendi juga menyentil kinerja pengelola Lapangan Simpang Lima yang belum maksimal. Ia melihat belum adanya sinergi antar OPD.

“Saya lihat Simpang Lima tidak ada rumputnya. Padahal sudah saya sampaikan, kalau bidang taman tidak mampu ya bisa melibatkan Damkar (Dinas Pemadam Kebakaran). Perlu koordinasi. Damkar daripada tidak ada kerjaan, latihan nyemprot Lapangan Simpang Lima kan jadi manfaat semua,” katanya. (*)

editor : ricky fitriyanto