in

Usai Disuapi, Balita Terjatuh di Saluran Irigasi dan Meninggal

KENDAL (jatengtoday.com) – Seorang balita bernama Muh Rizky, warga Desa Karangsono, Kecamatan Cepiring, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah mengalami peristiwa tragis.  Semula ia bersama ibunya, sedang menikmati segarnya udara pagi di tepi saluran irigasi di Desa Karangsono, Kecamatan Cepiring, Jumat (6/3/2020), sekitar pukul 09.30. 

Balita tiga tahun itu bermain sembari disuapi oleh ibunya. Musibah datang ketika ibunya masuk ke rumah tak jauh dari lokasi kejadian, karena ada keperluan. “Sang ibu masuk ke rumah sebentar, namun tanpa disadari saat kembali ia tak menemukan sang anak,” kata Kepala Kantor Basarnas Semarang, Nur Yahya. 

Sang ibu hanya menemukan sepasang sandal milik balita di pinggir saluran irigasi. Spontan ia panik, karena diduga kuat sang balita terjatuh di dalam saluran air. Sang ibu pun langsung berteriak meminta pertolongan kepada warga sekitar. Namun upaya pencarian tidak menuai hasil. Selanjutnya kejadian dilaporkan ke Basarnas Jateng.

“Menerima laporan itu, kami menerjunkan tim gabungan untuk melakukan pencarian,” katanya.

Pencarian dilakukan dengan cara menyisir dan menutup pintu saluran irigasi. Setelah kurang lebih satu setengah jam, petugas menemukan balita tersebut dalam kondisi meninggal. “Ditemukan kurang lebih 250 meter dari lokasi kejadian. Ketinggian air di saluran drainase itu kurang lebih satu hingga satu setengah meter. Korban ditemukan di dasar saluran tertutup lumpur,” terangnya.

Petugas langsung melakukan evakuasi terhadap korban untuk dibawa ke rumah duka. (*)

 

editor: ricky fitriyanto

Abdul Mughis