in

Tinjau Pengungsian Merapi, Kapolda Jateng Imbau Warga Tetap Tenang dan Ikuti Arahan

MAGELANG (jatengtoday.com) – Aktivitas Gunung Merapi sampai saat ini berstatus Siaga. Jajaran Polda Jateng meninjau lokasi pengungsian terdampak erupsi, Rabu (11/11/2020).

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menyempatkan diri untuk berinteraksi dengan para pengungsi kelompok rentan yang ada di Desa Banyurejo, Mertoyudan, Magelang.

Selain penanganan erupsi Merapi, mereka juga mengantisipasi persebaran penyakit. Sebab, proses evakuasi berlangsung pada musim penghujan. “Biasanya musim hujan kan banyak penyakit,” ujar Kapolda dalam keterangan tertulisnya.

Polda Jateng telah berkoordinasi dengan BPBD kabupaten dan provinsi, dinas kesehatan, pemerintah provinsi hingga pemerintah kabupaten, untuk memantau perkembangan situasi.

“Kami mengimbau masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bencana (KRB) III Merapi untuk tetap tenang serta siap jika ada perintah untuk evakuasi,” katanya.

Tempat pengungsian di Kabupaten Magelang saat ini sudah ada beberapa titik. Yakni Balai Desa Deyangan, Banyurojo, Mertoyudan, dan Tamanagung.

Kemudian, Balai Desa Tamanagung, Gedung Muhammadiyah, Gedung PPP, Gedung PDI, dan lapangan futsal juga digunakan sebagai tempat pengungsian.

Lebih dari 1.000 felbet dan 10 tenda serta dapur umum telah disiapkan Polda Jateng.

“Barusan kita croscek dengan dapur umum sudah standby di Polres manakala diperlukan setiap saat bisa kita gerakkan,” imbuhnya. (*)

 

editor: ricky fitriyanto