in

Tiga Nakes di Salatiga Positif Omicron, Diduga dari Klaster Keluarga

Pada Jumat (11/2/2022), tercatat ada 17 kasus baru sehingga total di Salatiga ada 108 kasus aktif Covid-19.

Ilustrasi (antara/pixabay)

SALATIGA (jatengtoday.com)  – Tiga tenaga kesehatan (nakes) di Kota Salatiga dinyatakan positif terpapar Covid-19 varian Omicron. Dua diantarnaya bertugas di rumah sakit, sementara satu nakes di puskesmas.

Wali Kota Salatiga Yulianto menyatakan, tiga nakes yang positif Omicron tersebut sudah ditangani. “Semua yang Omicron tersebut sudah mendapat perawatan dan penanganan. Tapi kita semua harus waspada dan disiplin menjalankan protokol kesehatan,” terangnya, Sabtu (12/2/2022).

Yuliyanto mengungkapkan ketiga pasien Omicron tertular berdasar dari klaster keluarga. “Semua kontak erat juga langsung dilakukan tracing untuk mengetahui kondisinya,” paparnya.

Ditambahkan, saat ini ada tren penambahan pasien Covid-19. Pada Jumat (11/2/2022), tercatat ada 17 kasus baru sehingga total di Salatiga ada 108 kasus aktif Covid-19.

“Penularan dan penyebaran harus dihentikan dengan selalu memakai masker, kurangi mobilitas, cuci tangan, dan jaga jarak kerumunan,” pesannya.

Untuk vaksinasi, Yuliyanto mengungkapkan per 9 Februari 2022 telah mencapai 143,5 persen, vaksinasi lansia 76,39 persen dan vaksinasi anak 6-11 tahun mencapai 106,81 persen.

“Percepatan vaksinasi terus dilakukan, ini untuk melindungi juga. Jadi jangan ragu untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19,” terangnya.

Sebagai langkah antisipasi lonjakan kasus aktif Covid-19, Dinas Kesehatan Kota Salatiga juga telah memersiapkan ruang isolasi terpusat termasuk ruang perawatan di rumah sakit. “Untuk ruang perawatan sudah disiapkan,” tandas Yuliyanto. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.