in

Tegal dan Brebes Diserang Wabah Kusta

SEMARANG (jatengtoday.com) – Dinas Kesehatan Jateng mencatat, per Desember 2018-Januari 2019, ada sekitar 2 ribu warga yang terjangkit penyakit kusta di daerahnya. Paling banyak di Kabupaten Brebes dan Tegal. Penyebabnya, karena pengaruh cuaca.

Kepala Dinas Kesehatan Jateng, Yulianto Prabowo menjelaskan, kusta merupakan penyakit menular yang membahayakan tubuh manusia. Selain menular, Penyakit ganas tersebut bisa menjangkit seseorang meski yang bersangkutan sudah berpindah tempat.

“Karena kusta itu baru menular kalau ada kontak fisik. Misalnya satu tempat tidur, bersentuhan langsung secara rutin. Kalau cuma bersalaman sebenarnya tidak menular,” bebernya, Jumat (2/2/2019).

Untuk menekan kasus penularan kusta di Brebes dan Tegal, pihaknya telah meminta petugas kesehatan setempat, untuk rutin mengecek kondisi warga di lingkungan padat penduduk.

“Warga harus menggalakan peningkatan kebersihan supaya lingkungan rumah tetap nyaman ditempati,” tandasnya.

Dijelaskan, gejala kusta sebenarnya bisa dilihat secara kasat mata. Yakni berupa bercak putih di kulit. Jika bercak itu matirasa, sebaiknya segera dibawa ke dokter terdekat.

“Karena kalau bercak putih lama-lama bisa membuat kulit mati rasa. Kalau kustanya jenisnya kering, lambat laun tulangnya mengecil. Jadi bukan putus sendiri seperti yang diketahui orang selama ini. Tapi kalau yang kusta basah kondisinya bisa lebih parah lagi,” terangnya. (ajie mh)

Editor: Ismu Puruhito